Balapan perdana MotoGP 2016 resmi dihelat Minggu (20/3) malam lalu. Berlokasi di Losail International Circuit, Doha, Qatar, balapan motor paling bergengsi di dunia ini berlangsung sengit. Keseruan terjadi sejak awal bendera tanda mulainya pertandingan dikibarkan. Perebutan posisi lima teratas terus terjadi hingga lap terakhir.

Duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa berhasil menjaga performanya untuk tetap konsisten di sepanjang balapan. Marquez sempat terlempar ke posisi kelima pada awal lap pertama, tapi dapat kembali mengambil alih pada putaran ketiga. Kecepatan RC213V miliknya dapat Marquez tingkatkan secara konsisten.

Ketika balapan menyisakan empat lap, Marquez masih bersaing sengit dengan Andrea Dovizioso, pembalap Ducati untuk menentukan posisi dua dan tiga. Akhirnya, Marquez berhasil finish di urutan ketiga dengan selisih waktu +2.287 dari Jorge Lorenzo yang berada di urutan pertama.

Marquez mengaku puas dengan hasil ini. Dia menegaskan bahwa hasil itu tidak akan didapatkannya tanpa kerja keras Honda dan timnya. “Dua minggu lalu kami masih mengalami masalah dengan kecepatan. Jarak kami dengan pembalap lain mecapai 1 detik. Tapi hari ini kami bisa finish di posisi ketiga, dan aku sangat senang,” ujar pembalap 23 tahun ini, sebagaimana dilansir MotoGP.com,

Di lain pihak, pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa pun memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Memulai race dari posisi ke-7, Pedrosa merangsek naik dan finish di posisi ke-5. Dengan hasil ini, Marc Marquez meraih 16 poin dan berada di posisi ketiga klasemen sementara. Pedrosa mengikuti di posisi ke-5 dengan torehan 11 poin.