Balapan perdana MotoGP yang terselenggara Minggu (26/3) kemarin berlangsung dengan penuh kejutan. Cuaca yang tak menentu, kondisi trek yang buruk, kelembaban udara yang tinggi, perjudian dalam pemilihan ban, sukses membuat persaingan antar pebalap di baris depan jadi makin sengit.

Tantangan pertama datang ketika balapan akan dimulai. Gerimis tiba ketika para pebalap dan motornya sudah bersiap di starting grid. Sambil menunggu cuaca stabil, Race Director memutuskan untuk menunda start balapan selama 15 menit. Masalah kedua muncul karena adanya genangan air di tikungan ke-14. Balapan ditunda 10 menit untuk pengecekan. Penundaan total 25 menit ini membuat total lap yang ditempuh para pebalap pun berkurang.

motoGP01

Dari yang semula 22 lap menjadi 20 lap saja. Saat balapan berjalan, kondisi sudah lebih malam, cuaca lebih dingin, dan udara lebih lembab. Hal ini juga yang membuat para rider mencoba beradaptasi dengan mengganti ban untuk digunakan. Sebagian besar pebalap, termasuk pebalap Repsol Honda Marc Marquez, memilih kombinasi depan-belakang medium. Perubahan tipe ban ini membuat pertarungan jadi makin acak, mengingat perubahan ban akan diikuti oleh perubahan settingan suspensi hingga elektronik motor.

Gambling Marquez yang sebelumnya menggunakan ban depan hard pada warm up practice dan sukses menjadi yang tercepat, berhasil membawanya finish di urutan ke-4. DI belakang Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi. Agaknya, mengganti ban depan menjadi medium saat balapan bukanlah pilihan terbaik.

motoGP03

Rekan setimnya, Dani Pedrosa, berada tepat di belakang Marquez dengan finish di urutan ke-5. Dengan hasil ini, keduanya bertengger di posisi ke-4 dan 5 klasemen sementara. Semoga balapan di sirkuit berikutnya, keduanya bisa memberi hasil yang lebih menggembirakan. Argentina, here we come! (*)

*Tulisan ini merupakan saduran hasil kerjasama MPM Distributor dan Tabloid Otoplus.
Baca ulasan lengkapnya di Tabloid Otoplus Edisi 28 Maret-2 April 2017.