Honda Lovers, menentukan pilihan minyak rem yang akan dipakai pada motor adalah hal yang sangat penting. Karena minyak rem memiliki peranan yang vital dalam fungsi pengereman. Minyak rem yang sudah mulai berkurang pada rem perlu ditambahkan bahkan dikuras kemudian diganti dengan minyak rem yang baru.

Hanya saja, bagi sebagian pengendara motor, memilih minyak rem akan sangat membingungkan karena banyak sekali merek yang tersedia di pasaran. Selain merek yang bejibun ternyata ada juga perbedaannya yang tertera di kemasan pembungkus minyak rem yaitu DOT (Department of Transport). Jika kita perhatikan maka spesifikasi minyak rem ditentukan oleh DOT ini dimana semakin besar angka DOT-nya maka semakin tinggi titik didihnya.

Dalam memilih minyak rem yang dipakai pada kendaraan, hal yang penting adalah pada titik didih dari minyak rem itu sendiri. Semakin tinggi titik didih minyak rem akan semakin bagus kualitasnya. Untuk stkamur SNI menerapkan stkamur titik didih 205 derajat celcius untuk DOT 3. Sedangkan untuk DOT 4 itu belum ada stkamur SNI, namun untuk DOT 4 titik didih mencapai 265 derajat celcius. Lalu, minyak rem manakah yang cocok dengan sepeda motor kita?

Agar lebih aman, pilih minyak rem rekomendasi pabrikan. Rata-rata sepeda motor harian menggunakan minyak rem dengan spesifikasi DOT 3. DOT yang lebih tinggi nggak berpengaruh dengan tingkat kepakeman rem, karena pemakaian DOT yang lebih tinggi dimaksud agar minyak rem nggak mudah mendidih saat hard breaking atau proses jalan menurun yang pengereman harus terus menerus. Jangan juga menurunkan DOT, karena jika kamu mengganti DOT ke angka yang lebih rendah ada kemungkinan jika rem digunakan terus menerus maka minyak rem akan mendidih karena gesekan antara kampas rem dan disc brake yang merambat. Jika minyak rem mendidih maka akan menimbulkan uap air sehingga bisa membuat rem menjadi blong. Bahaya kan, Honda Lovers?

Semakin besar power motor dan bobot motor maka disarankan untuk menggunakan minimal DOT 4 bahkan DOT 5. Kalau sepeda motor kamu sepeda motor bebek atau skuter matik bisa menggunakan minyak rem DOT 3 yang di pasaran sangat banyak mereknya.