Para pengguna motor tentu sudah nggak asing lagi dengan namanya windshield, terutama pengguna motor sport. Windshield berfungsi melindungi pengendara ketika menyetir, selain itu windshield juga berfungsi memaksimalkan aliran udara saat berkendara.

Berbeda dengan kaca mobil yang nggak mudah tergores, windshields justru sangat mudah tergores karena terbuat dari plastik atau mika. Penanganan windshield yang nggak benar membuatnya menjadi buram dan berpenampilan semakin buruk. Berikut ini, cara melindungi windshield yang perlu diperhatikan para pengendara motor.

1. Parkir di Tempat Teduh

Sinar matahari langsung bisa menjadi pemicu utama kerusakan windshield. Jika kamu diharuskan memarkir sepeda motor di tempat yang terbuka dan terpapar terik matahari, sebaiknya lindungi windshield dengan penutup. Terutama jika lapisan anti-UV sudah rusak atau hilang. Gunakan kain lembut di atas windshield, atau kamu bisa menggunakan jaket kamu untuk menutupinya.

2. Jaga Kebersihannya

Ketika mencuci motor, cuci juga windshield motor menggunakan air hangat. Tambahkan sabun atau cairan khusus membersihkan windshield. Terkadang kamu akan menemukan sisa-sisa serangga atau kotoran lainnya, jadi berhati-hatilah. Jangan asal gosok ya, Honda Lovers! Kamu bisa gunakan handuk yang sudah direndam air hangat, tutupkan handuk itu di bagian windshield yang terdapat noda tadi. Diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah kotoran melunak, basuh dengan air mengalir sambil dilap dengan handuk berserat lembut.

3. Lapisi dengan Skotlet

Kamu bisa melapisi windshield motormu dengan skotlet yang dilapisi lapisan anti gores. Skotlet juga berfungsi sebagai perisai dari sengatan sinar UV. Dalam hal ini, kamu bisa membeli berbagai macam warna skotlet yang kamu sukai. Selanjutnya tinggal membentuk skotlet sesuai bentuk windshield motor kamu. Ada baiknya memilih jenis skotlet yang jernih agar nggak merubah tampilan motor kamu, Honda Lovers.

Nah, itulah tadi ketiga cara melindungi windshield motor kamu. Bagaimana Honda Lovers? Cukup mudah bukan? Perlu diketahui bahwa windshield bukan sekadar aksesori fantasi. Perawatan yang nggak benar akan mengakibatkan windshield jadi buram. Akhirnya mengganggu pkamunganmu saat berkendara. Jadi, rawat windshield kamu sebaik mungkin ya, Honda Lovers!