Oli jadi komponen yang penting untuk semua kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor kamu nih Honda Lovers. Tanpa oli pasti kendaraan kamu enggak akan bisa bekerja dengan baik, karena oli berfungsi untuk melumasi mesin sepeda motor kamu dan juga mencegah terjadinya karat di dalam mesin. Mengingat pentingnya peranan oli untuk sepeda motor, sebaiknya kamu mengganti oli ini secara rutin agar sepeda motor kamu terlindungi dengan baik dan terhindar dari kerusakan.

Penggantian oli ini juga perlu kamu perhatikan nih Honda Lovers, pilih oli yang sesuai sama jenis sepeda motor kamu dan jangan ganti-ganti oli yang kamu pakai biar mesin kamu enggak cepat rusak. Jadi, ada baiknya kamu konsultasi dengan teknisi untuk memilih oli terbaik atau kamu bisa pakai oli yang dibuat khusus untuk merek sepeda motor kamu.

Nah, sebenarnya seberapa sering harusnya kamu mengganti oli? Pada dasarnya penggantian oli ini enggak punya aturan yang pasti nih Honda Lovers, tapi sebaiknya kamu mengganti oli setiap sepeda motor sudah menempuh jarak 2.000 kilometer atau setiap dua bulan sekali. Penggantian oli ini juga harus disesuaikan dengan intensitas kamu memakai sepeda motor, semakin sering kamu memakainya maka semakin cepat waktu pergantian oli sepeda motor kamu.

Kondisi lalu lintas yang kamu lewati setiap hari juga bisa jadi patokan untuk kamu mengganti oli. Kalau kamu melewati kondisi jalan yang padat dan macet, oli sepeda motor kamu harus lebih cepat diganti dibandingkan kalau kamu melewati jalan yang lancar. Kenapa? Karena dalam kondisi jalanan yang macet, kerja mesin sepeda motor kamu semakin meningkat nih Honda Lovers, makanya kamu perlu menggantinya biar sepeda motor kamu tetap nyaman dikendarai.