Rantai motor ini jadi bagian yang penting dalam rangkaian sepeda motor, karena rantai motor berfungsi untuk menghubungkan mesin dan roda biar roda bisa bergerak. Untuk itu, kamu harus memperhatikan kondisi rantai sepeda motor kamu ini dan rutin mengecek kondisinya nih Honda Lovers.

Pengecekan ini perlu dilakukan biar kamu terhindar dari kejadian yang enggak kamu inginkan, dan sepeda motor tetap aman untuk dikendarai. Kamu bisa mulai pengecekan dengan melihat apakah ada karat di rantai motor kamu, kalau ternyata ada karatnya, kamu bisa langsung bersihkan dan jangan lupa untuk semprot oli khusus rantai. Setelah itu, kamu bisa cek apakah rantai terlihat kendur atau enggak, kalau rantai kendur, kamu bisa lepas beberapa mata rantai dan sambung kembali rantai motor kamu.

Setelah semuanya kamu cek dan rantai dalam kondisi baik, sekarang saatnya kamu mengatur rantai motornya nih Honda Lovers. Pengaturan rantai motor ini juga perlu untuk kamu lakukan biar putaran rantai terasa nyaman saat kamu pakai di jalan raya. Untuk pengaturan rantai ini juga bisa kamu lakukan sendiri asalkan kamu punya kunci-kuncinya. Nah, berikut ini cara mengatur rantai motor sepeda motor kamu:

  • Kendorkan baut yang ada di as roda belakang sepeda motor kamu.
  • Kencangkan baut yang ada di sebelah rantai sepeda motor kamu sampai mencapai kekencangan yang kamu inginkan dan sesuaikan antara sisi kanan dan kiri.
  • Setelah kekencangannya sesuai dengan keinginan kamu, sekarang saatnya kamu memasang kembali baut ke as roda belakang, dan pengaturan rantai sepeda motor kamu sudah selesai.

Kamu pasti menginginkan keamanan dan kenyamanan berkendara di atas sepeda motor kamu kan, Honda Lovers? Makanya, sebisa mungkin lakukan pengecekan dan pengaturan rantai sepeda motor kamu dengan baik dan benar.