Honda Lovers, setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi ban, termasuk sepeda motor kamu nih Honda Lovers. Ban sendiri jadi bagian yang enggak bisa terlepaskan dari sepeda motor, karena ban jadi tumpuan motor kamu saat melaju di jalan raya. Semakin sering kamu menggunakan sepeda motor di jalan raya, maka umur ban sepeda motor kamu juga akan semakin berkurang. Tapi, kamu enggak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan beberapa trik berikut ini agar umur ban kamu makin panjang.

  • Menjaga Tekanan Ban

Menjaga kestabilan tekanan angin di dalam ban ini bisa bikin umur ban motor kamu makin panjang dan motor juga jadi lebih seimbang. Untuk itu, selalu cek tekanan ban setiap hari sebelum sepeda motor digunakan.

  • Perhatikan Beban

Beban di sepeda motor kamu juga bisa mempengaruhi usia ban nih Honda Lovers. Beban yang terlalu berat juga bisa bikin gesekan berlebih antara ban dan aspal, jadi ban sepeda motor kamu lebih cepat tipis dan tinggi risiko bocornya.

  • Bersihkan Ban

Ban yang bersih juga bisa menambah umur ban jadi lebih panjang, untuk itu kamu bisa membersihkan ban dan bagian kembangan atau motif yang ada di ban. Biasanya di bagian kembangan ini banyak kerikil yang tersangkut, kalau dibiarkan pastinya bisa bikin ban kamu cepat rusak.

  • Posisi Parkir

Posisi parkir yang salah seperti di bawah sinar matahari langsung ini enggak cuma bisa merusak cat sepeda motor kamu, tapi juga mempengaruhi usia ban. Ban yang terkena sinar matahari dalam waktu lama ini bisa mengeras, dan ban yang keras sangat rentan untuk rusak dan retak nih Honda Lovers.

  • Cara Berkendara

Cara berkendara kamu di jalan raya juga bisa mempengaruhi umur ban nih Honda Lovers. Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari kondisi jalan yang rusak dan berlubang, serta hindari melakukan rem mendadak. Secara enggak langsung, prilaku itu bisa bikin ban kamu menipis dan pastinya mempengaruhi umur ban sepeda motor.

Ban ini memang perlu diganti setelah sampai pada umur tertentu setelah penggunaan, tapi enggak ada salahnya kamu merawat ban ini biar umur ban kamu semakin panjang dan kamu juga bisa lebih hemat karena enggak perlu terburu-buru untuk mengganti ban baru.