Menjadi bikers bisa menjadi salah satu pengalaman paling luar biasa yang pernah kamu miliki, namun bisa juga menjadi pengalaman buruk jika terjadi sesuatu yang enggak diinginkan, seperti kecelakaan di jalan. Indonesia termasuk negara yang paling tinggi korban kecelakaan lalu lintasnya se-Asia Tenggara. Penyebab kecelakaan tersebut rata-rata adalah faktor kelalaian manusia yang disebabkan oleh kurang disiplinnya pengendara dalam mentaati peraturan yang ada.

Perlu diketahui, dalam Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diatur bahwa; “Setiap orang yang menggunakan Jalan wajib berperilaku tertib; dan/atau b. mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan Jalan”.

Karena Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang menganut sistem lalu lintas kiri, maka penggunaan jalan di Indonesia harus berada di jalur jalan sebelah kiri. Penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika:

  1. Pengemudi bermaksud akan melewati Kendaraan di depannya, atau
  2. Diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri.

Sepeda Motor, Kendaraan Bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan Kendaraan Enggak Bermotor berada pada lajur kiri Jalan. Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi Kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah, atau mendahului Kendaraan lawan.

Selain mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di jalan raya, pengemudi kendaraan bermotor juga wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pengendara sepeda, serta mempunyai surat-surat lengkap kendaraan bermotor. Adapun surat-surat yang wajib dibawa adalah:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor
  2. Surat Izim Mengemudi (SIM)
  3. Bukti lulus uji berkala, dan/atau
  4. Tanda bukti lain yang sah.

Bagi pengendara motor diharuskan memakai helm SNI, begitu pula dengan penumpangnya. Sepeda motor tanpa kereta samping dilarang membawa penumpang lebih dari satu orang ya, Honda Lovers! Ketentuan tentang tata cara berlalu lintas yang berlaku di Indonesia tentu saja ditujukan agar lalu lintas kita berjalan dengan tertib dan teratur, di samping itu agar tercipta suatu aturan main yang harus diikuti dan dipatuhi oleh setiap orang yang menggunakan jalan. Mematuhi ketentuan tata cara berlalu lintas adalah salah satu cara agar kita tehindar dari risiko kecelakaan lalu lintas. Jadi, enggak ada ruginya jika kita mematuhinya. Keep safety riding!