Sekarang ini pengguna sepeda motor terus meningkat setiap harinya, tak heran kalau semakin banyak orang yang piawai untuk bermanuver di atas sepeda motornya. Sayangnya kemampuan manuver ini sering membuat pengendara lupa diri dan tak sadar mereka berusaha untuk menyalip kendaraan lain di jalan raya. Namun, Honda Lovers perlu ingat kalau bukan hanya kamu yang piawai untuk bermanuver tetapi juga ada pengendara lain. Nah, biar kamu tetap aman dan nyaman berkendara di jalan raya, sebaiknya kamu mewaspadai beberapa titik berikut ini karena sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan saat kamu bermanuver.

1. Blind spotĀ 

Blind spot ini merupakan titik buta atau area belakang yang enggak terlihat oleh pengendara lain dari kaca spion dan posisi ini harus kamu hindari karena keberadaan kamu enggak dilihat oleh mereka. Usahakan untuk menghindari posisi blind spot ini, dan buat agar kendaraan Honda Lovers terlihat oleh pengendara lain dengan berada di posisi yang tepat.

2. Bagian jalan yang licin karena oli maupun pasir

Kondisi jalan yang licin karena oli ataupun pasir itu bisa mengganggu laju sepeda motor Honda Lovers karena bisa bikin kamu kehilangan traksi. Sebaiknya turunkan kecepatan sepeda motor kamu, selanjutnya pindah jalur dan hindari jalan yang licin karena oli maupun pasir. Hindari juga untuk melakukan pengereman mendadak karena bisa membuat sepeda motor Honda Lovers tergelincir.

3. Permukaan yang tidak rata

Di negara kita banyak jalanan yang permukaannya enggak rata, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan pada jalanan yang seperti ini. Permukaan jalan yang enggak rata sangat berpotensi membuat kamu terjatuh terlebih saat musim hujan dan lubang-lubang di jalan itu tertutup genangan air. Atur kecepatan kamu saat melihat jalan bergelombang atau jalan yang terdapat genangan, karena dikhawatirkan ada lubang yang bisa membuat Honda Lovers terperosok.

4. Garis pembatas jalanĀ 

Garis pembatas jalan yang sering kita temui di jalan raya ini memang terasa licin kalau terkena ban, terlebih garis pembatas yang enggak putus-putus. Untuk itu, sebaiknya Honda Lovers menghindari jalan yang seperti ini agar kamu enggak tergelincir dan berpindah jalur di arah berlawanan untuk menghindari kecelakaan.

5. Jalur sepeda

Untuk jalanan yang terdapat jalur sepeda, sebaiknya Honda Lovers enggak menggunakan jalur ini. Pastikan kamu enggak melebihi marka jalan saat melintas di jalanan yang terdapat jalur sepeda di sekitarnya karena bisa membahayakan pengguna sepeda yang ingin melintas.