Curanmor atau yang sering disebut pencurian sepeda motor yang belakangan ini sering terjadi di kota-kota besar. Aksi kejahatan memang kerap kali banyak terjadi, bahkan trennya bukan Cuma berada di perkotaan saja, dipedesaan pun kerap terdengar isu kabar tentang kasus pencurian motor. Sebab pada dasarnya kejahatan yang terjadi bukan karena ada niat tetapi kesempatan yang terbuka sangat lebar.

Nah, supaya dapat meminimalisir terjadinya aksi kejahatan pencurian sepeda motor, kali ini ada 8 tips supaya motor terhindar dari pencurian (Curanmor) yang bisa diterapkan.

  1. Parkir kendaraan di tempat resmi

Selama ini selalu terlintas di benak kepala, jika parkir motor di tempat yang resmi memang lebih aman dan terkendali, sebab selain tempatnya yang dijaga oleh petugas ketika para pengguna kendaraan masuk juga tersedia karcis dan jika keluar petugas akan meminta untuk menunjukan STNK (Surat Tanda Nama Kendaraan) para pengendara.

  1. Parkir di tengah-tengah

Walau tempat parkir yang resmi, usahakan untuk tetap memarkir kendaraan di posisi tengah tengah, dengan tujuan yakni pada sisi kanan dan kiri masih terdapat motor lain, dengan begitu pelaku kriminal / maling akan sulit untuk mencurinya, target maling umumunya pada motor yang gampang dijangkau secara cepat.

  1. Parkir di dekat jangkauan kamera pengintai

Sebaiknya para pengguna dalam memarkir kendaraan, usahakan yang dekat dengan jangkauan kamera pengintai (CCTV). Logikanya yaitu para pencuri akan takut apabila ia mencuri ditempat yang bisa dijangkau pada kamera CCTV lantaran aksinya tersebut pasti akan terekam dan ketahuan.  Satu lagi manfaat parkir didekat jangkauan dari CCTV yakni apabila motor terjadi pencurian sehingga kamera CCTV otomatis akan mengenali wajah pencuri dan mendeteksi plat nomor pada motor.

  1. Mencabut kunci motor dan bawa barang berharga

Apabila para penggguna pakir motor atau dengan contoh lain yakni menaruh motor didepan rumah, jangan sekali-kali lupa untuk mengambil anak kunci dimotor sewaktu tidak digunakan. Hal yang terpenting lainnya jangan sekali-kali untuk menaruh barang-barang yang berharga pada box / bagasi motor seperti dompet, karcis parkir motor, surat surat berharga (STNK dan BPKB).

  1. Tidak boleh menaruh barang berharga di motor

Apabila para pengendara yang sedang parkir motor, usahakan jangan menaruh barang yang berharga pada motor contohnya helm mahal, jaket maupun jas hujan. Hal tersebut memang tergantung keadaan juga, dengan menaruh barang berharga yang disebutkan tadi. Hal ini bermaksud dengan tidak menaruh barang berharga dimotor akan menjadikan maling merasa untuk tidak tertarik mendatangi motor tersebut.

  1. Menjalin hubungan baik dengan petugas parkir di tempat

Menjalin sebuah hubungan yang baik dengan petugas parkir (yang menjaga loket ataupun petugas yang merapikan sepeda motor diparkiran tersebut). Hal itu demikian dapat idicontohkan dengan menyapa mereka setiap bertemu dan otomotis mereka akan mengenali motor yang anda pakai. Efeknya? jelas motor tersebut akan menjadi lebih diawasi oleh petugas pakir ditempat, sehingga lebih aman.

  1. Ketika anda mengunci stang, usahakan stang motor sudah menghadap ke kanan jangan ke arah kiri. Mengapa demikian? Sebab ini bertujuan agar menjadikan gerak para kriminal / maling lebih susah dan supaya bisa berlama-lama apabila maling sedang menjalankan aksi lantaran lubang anak kunci motor terhalang pada stang motor (Kunci stang).

Itulah beberapa tips sederhana agar terhindar dari aksi pencurian. Ditambah lagi, usahakan untuk memasang pengaman ganda seperti alarm atau gembok tambahan pada bagian motor seperti roda atau rantai. Selain tips di atas, simak juga update terbaru dari harga CBR 150 terbaru dan berbagai motor baru sekarang ini.