Pemilik sepeda motor harus mengetahui secara teliti tentang cara melakukan pengereman yang benar dan baik. Hal tersebut meskipun dianggap mudah, tetapi tak jarang apabila tidak mengetahui tekniknya dengan benar dan hal tersebut malah bisa membahayakan atau berakibat fatal.

Para pengguna sepeda motor sering beranggapan melakukan pengereman tentu bisa dilakukan dengan mudah, karena langkah yang dilakukannya pun hanya perlu menekan handle rem dengan memakai jari tangan dan cukup menginjak pedal rem menggunakan telapak kaki tangan.

Tetapi, seperti yang telah dilansir NTMC Polri, bahwa teknik pengereman merupakan hal utama yang harus dikuasai sewaktu Anda memutuskan untuk mengendarai atau menunggangi sepeda motor.

Nah, ingin tahu cara melakukan pengeraman sepeda motor yang baik dan benar? Simak tekniknya di bawah ini:

Tips Pengereman Motor yang Benar dan Aman

  1. Tidak boleh menekan atau menginjak tuas rem dengan keras secara tiba-tiba sewaktu laju kendaraan sedang dalam situasi tinggi. Hal demikian akan mengakibatkan roda kendaraan slip jadi laju motor jadi tak terkendali.
  2. Lakukan jarak pengereman yang baik, semakin pendek jarak pengereman maka itu lebih baik karena semakin jauh kemungkinan beresiko terjadinya benturan. Penggunaan yang efektif dalam mengurangi laju motor yaitu pada rem depan. Sedangkan pada rem belakang dipakai sebagai penyeimbang.
  3. Pengggunaan pengereman yang baik yaitu dengan memakai kedua rem, depan dan belakang. Namun teknik tersebut membutuhkan latihan yang lebih rutin.
  4. Dalam latihan, usahakan mencoba agar melaju pada kecepatan tertentu. Untuk awal permulaan pada kecepatan 40 km / jam hanya untuk membantu latihan dasar pada pengeraman.
  5. Sewaktu melakukan pengereman, hal utama yang perlu dilakukan yaitu melepaskan pada putaran gas, kemudian menarik tuas rem depan dengan cara meremasnya. Pada situasi yang bersamaan tersebut kaki menginjak pada rem belakang sebagai penyeimbangnya.
  6. Usahakan posisi sepeda motor tegak jadi resiko tergelincir dapat diminimalisir / terhindari. Apabila titik keseimbangan sepeda motor dan pengendara berubah, tentu bisa berpengaruh pada pengendalian sepeda motor.
  7. Perlu diperhatikan juga bahwa tidak boleh memaksakan diri untuk memakai rem depan secara kuat atau sekuat tenaga pada latihan awal mengendarai sepeda motor. Feeling dalam meremas tuas rem secara optimal bisa didapati pada latihan yang terus berulang-ulang.

Itulah 7 teknik pengeraman yang baik dan benar yang wajib diperhatikan oleh setiap para pengguna sepeda motor. Pengendara tentunya perlu lebih ekstra waspada melakukan pengereman sewaktu sedang berkendara di musim hujan, karena apabila tak berhati-hati pengendara pun bisa terjatuh.

Rem pun juga harus diperhatikan dan dilakukan pengecekan secara rutin jangan sampai rem menipis, karena hal tersebut tentunya akan membahayakan diri sendiri apalagi saat berada di jalan raya. Ada yang menarik dari promo harga CBR 150 terbaru, cek langsung update lengkapnya!

Utamakanlah keselamatan dalam berkendara baik dari segi peralatan berkendara maupun cara berkendara yang baik dan benar dengan mematuhi peratutaran lalu lintas yang berlaku.