Tips paling aman memodifikasi aksesoris kelistrikan sepeda motor yang baik perlu diperhatikan dengan sangat jeli. Banyak dari para pencinta sepeda motor atau yang hobby motor seringkali memasang aksesoris tambahan supaya lebih terlihat keren dan menarik. Seperti misalnya pada lampu sorot tambahan atau penggantian pada klakson mobil yang diaplikasikan untuk sepeda motor.

Namun kebanyakan para biker tak menyadari apabila pada penambahan atau pemasangan aksesoris tambahan tersebut menjadikan accu lebih cepat tekor atau terkuras habis karena konsumsi listrik menjadi semakin lebih besar. Simak dulu update harga Vario 150 dan diskon menariknya.

Hal yang harus perlu diperhatikan apabila Anda berniat untuk melakukan modifikasi kelistikan pada sebuah sepeda motor, ada baiknya harus ditangani langsung oleh pakarnya / ahli yang khusus menangani komponen tersebut. Namun tetap perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Perhatikan Pengisisan dari Kiprok atau Regulator di motor.

Hal utama yang perlu diperhatikan yakni ketahuilah berapa pengisian dari kiprok maupun regulator yang ada di sepeda motor tersebut. Lalu, selanjutnya baru kita dapat bermain dengan menggunakan pengeluaran beban kelistrikannya. Sehingga tidak perlu susah payah lagi. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Pak Wiet Custom ( PWC ) dalam kesempatan bertemu waktu lalu.

Agar bisa mengetahui langsung pengukuran pengisisan dari kiprok, Anda dapat menggunakan alat ukur volmeter. Seteklah itu supaya sepeda motor tidak mengalami korsleting ketika menjalani modifikasi ada baiknya jangan asal menyambung pada kabelnya.

Tidak boleh asal sambung atau dan jangan memotong kabel secara sembarangan. Hindari juga pemakaian isolasi yang biasa untuk digunakan dalam penyambungan sebuah kabel. Hal tersebut diberlakukan karena isolasi biasa lama kelamaan akan cepat lepas / copot, kanelnya menjadi terkelupas dengan sendirinya menurut penjelasan dari Pak Wiet Custom ( PWC ).

Pakai soket-soket

Menggunakan soket-soket atau bisa memakai isolasi bakar tujuannya supaya kabel-kabel tersebut menjadi aman dan bisa mengurangi resiko terjadinya korsleting.

Perhatian Buku Pedoman Pemilik atau Garansi Motor

Perlu diperhatikan dengan sangat baik tentang garansi pabrikan yang akan hangus apabila mengubah motor yang tak sesuai dengan suku cadang asli pabrikan atau melakukan modifikasi kelistrikan. Pabrikan motor umumnya akan menghanguskan sebuah garansi kelistrikan pada sepeda motor apabila motor tersebut sudah di modifikasi dan telah mengalami masalah kelistrikan.

Memiliki sebuah motor pribadi tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang memilikinya. Namun, apabila Anda ingin mengubah tampilan pabrikan tersebut menjadi tampilan yang lebih baru dengan cara memodifikasinya. Perlunya pertimbangan secara jeli yang harus diperhatikan dengan baik agar tak ada penyesalan setelah semua terjadi. Karena selalu ada sebab dan akibat yang akan ditimbulkannya nanti.

Demikian artikel mengenai hal yang perlu diperhatikan sewaktu memodifikasi aksesoris kelistrikan pada motor. Semoga informasi yang sudah dijelaskan diatas dapat menambah ilmu wawasan dan berguna untuk Anda kedepannya.

Source image: