Percaya atau tidak, sekarang ini motor matic jadi pilihan paling favorit bagi kebanyakan orang. Selain lebih mudah apabila dipakai, motor matic juga mempunyai beragam style yang berbeda-beda dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan segala fitur yang ditawarkan juga semakin canggih.

Bicara mengenai motor, tentunya tak akan bisa lepas dari cara perawatannya. Sebagus apapun motor matic yang dimiliki, apabila tak dirawat dengan baik dapat membuat performanya menjadi kurang prima.

Nah, disini ada informasi yang menjelaskan tentang beberapa tips mudah merawat motor matic supaya tarikannya tetap enteng. Langsung saja simak ulasan menariknya berikut ini :

Panaskan Motor Matic Setiap Hari

Cara mudah agar motor matic tetap awet yang pertama yakni memanaskan motor sewaktu ingin beraktivitas sehari-hari tujuannya agar menjaga mesin motor menjad lebih awet dan tarikannya membuatnya lebih enteng sewaktu dipakai untuk berkendara. Tak hanya itu saja, dengan melakukan pemanasan motor matic setiap hari, pelumasan oli pada keseluruhan bodi mesin bisa berjalan lancar. Pelumasan yang baik tersebut menjdaikan motor matic Anda tetap prima sewaktu berkendara dalam segala kondisi.

Usahakan motor matic dilakukan pemanasan selama 5 sampai dengan 10 menit tiap harinya. Cara melakukan pemanasan motor usahakan dengan menggunakan kick starter / engkol. Tujuannya agar mempercepat pemanasan pada mesin motor dan menjaga aki motor agar tidak mudah rusak.

Lakukan Penggantian Oli Secara Rutin

Merawat sebuah motor matic tak akan bisa lepas dari oli atau pelumas motor. Pada mesin motor matic mempunyai dua oli yakni oli mesin dan gadran. Keduanya mempunyai tugas yang tak jau berbeda. Oli mesin yang bertugas menjadi pelapis dan pendingin mesin , sementara oli gadran bertugas menjaga transmisi.

Umumnya, waktu yang dianjurkan untuk mengganti oli motor matic yakni sewaktu jarak tempuh telah sampai 30.000 km atau setidaknya 1,5 bulan hingga 2 bulan masa pemakaian. Namun, hal tersebut tentunya juga menyesuaikan pada penggunaan motor dalam aktivitas sehari-hari. Pemilihan oli juga perlu diperhatikan dan harus sesuai, tujuannya supaya tarikan motor tetap enteng sewaktu digunakan.

Memperhatikan Cara Penggunaan Motor Matic Secara Baik

Cara menggunakan motor matic yang baik yakni dengan memulainya dari menjaga stabilitas gas. Menjaga stabilitas gas yang baik, usahakan jangan terlalu tinggi perbedaan sewaktu gas naik dan turun. Tidak disarankan untuk terlalu menaikkan gas secara mendadak, bisa melakukannya dengan perlahan supaya tarikan motor menjadi lebih enteng dan stabil.

Karena apabila menaikkan gas terlalu kencang dan mendadak, dapat menjadi pemicu utama tarikan motor matic tidak enteng seperti awalnya. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga akan memaksakan mesin motor matic dan mesin transmisi dipaksa untuk lebih bekerja keras. Dan apabila hal tersebut terus dilakukan akan menimbulkan berbagai masalah kerusakan pada mesin motornya.

Perhatikan Aki dan Busi

Aki merupakan komponen utama dalam fungsi kelistrikan motor matic. Sewaktu aki tak berfungsi lagi, pastinya sistem kelistrikan dalam motor matic juga tak akan berjalan dengan baik pula. Pengecekan secara rutin pada aki perlu dilakukan supaya motor tetap mempunyai tarikan yang ringan.

Apalagi, sekarang ini banyak motor matic yang memakai sistem injeksi. Tak hanya itu aki yang perlu diperhatikan namun perlu memperhatikan busi juga pada mesin motor tersebut. Tugas busi ini memastikan pemanasan pada mesin motor tetap berjalan baik supaya tetap awet sewaktu digunakan.

Apabila busi mengalami kerusakan, pemanasan mesin motor tak lagi berfungsi dengan baik. Hal tersebut akan menjadi pemisu mesin pada motor terasa kasar dan menjadikan tarikan mesin tidak enteng.

Melakukan Servis Berkala

Hal yang satu ini sangat disarankan sekali apabila motor matic tetap enteng. Melakukan servis secara rutin bertujuan bisa mendeteksi berbagai masalah yang terjadi pada mesin motor matic lebih dini sebelum mengalami kerusakan yang lebih besar.

Tak hanya itu, tujuan dari servis secara rutin yakni pembersihan pada mesin motor matic sewaktu sedang dilakukannya servis, ada yang mengecek beberapa komponen seperti roller atau ventbelt, oli, busi dan lainnya.

Tarikan motor tentunya akan lebih enteng apabila sang pemilik motor matic melakukan servis secara berkala, karena memastikan semua komponen mesin motor tetap dalam kondisi prima dan berjalan baik.

Itulah beberapa cara untuk merawat motor matic supaya tarikan motor lebih enteng. Intip juga promo harga CBR 150 terbaru yuk!