Akhir pekan ini, kita bisa kembali menyaksikan aksi Marc Marquez dan Dani Pedrosa di atas motor Honda-nya dalam gelaran MotoGP Italia. Balapan ini berlangsung di sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Sirkuit ini lokasinya tak jauh dari kota Ramini, Italia yang merupakan tanah kelahiran mendiang Marco Simoncelli. Pembalap MotoGP yang tewas dalam sebuah kecelakaan pada grand prix Malaysia pada 23 Oktober 2011.

Penyematan nama pembalap ini di nama sirkuit merupakan salah bentuk penghargaan terhadap kiprahnya di dunia balap motor. Selain itu, masih banyak fakta lainnya tentang sirkuit MotoGP Italia yang sudah berdiri sejak tahun 1972 ini.

Pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada akhir 1980-an hingga akhir awal 1990-an, Misano World Circuit Marco Simoncelli kembali ditunjuk menghelat balapan akbar ini pada 2007. Dengan fasilitas yang sudah diperbarui. Begitu juga dengan permukaan aspal hingga tribun di mana 60.000 penonton bisa menyaksikan jalannya balapan.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan mencapai 4,2 kilometer. Sesuai dengan peraturan keselamatan MotoGP, rute balapan dilakukan searah jarum jam.

Fakta lainnya dari sirkuit MotoGP Italia ini, pembalap akan melahap enam belas tikungan. Yang terdiri dari enam tikungan ke kiri dan sepuluh tikungan ke kanan. Sedangkan, bagian sirkuit terpanjang mencapai 530 meter.

Rekor putaran tercepat di sirkuit MotoGP Italia dipegang Jorge Lorenzo yang ditorehkannya pada 2016. Nampaknya, Lorenzo memang cukup menguasai sirkuit ini. Tercatat dirinya adalah salah satu pembalap dengan statistik memukau di sini. Tiga kali juara (sama dengan Valentino Rossi) dan paling banyak pole position.

Meski demikian, bukan berarti pembalap Honda tak ada peluang. Balapan tahun lalu di sirkuit yang sama berhasil dimenangi oleh Marc Marquez.

Sumber Image: sircuitnews.blogspot.com