Sirkuit Buriram akan menjadi lokasi perdana MotoGP Thailand yang balapannya akan berlangsung pada 7 Oktober nanti. Ada sejumlah alasan yang membuat sirkuit ini cukup mengesankan untuk para pembalap dan spektator nanti. Apa saja itu?

Rekam sejak sirkuit ini dalam menggelar skala akbar bisa dilihat bila kita menengok ke bulan Maret 2015. Saat itu Chang International Circuit (nama resmi sirkuit ini) menggelar balapan Superbike World Championship.

Dan pada Oktober nanti sirkuit ini akan menjadi saksi para pembalap MotoGP bertarung merebut hasil terbaik. Fakta sejarah sirkuit MotoGP Thailand ini, awal diresmikan para 2014, sirkuit Buriram lantas masuk klasifikasi FIM Grade A dan FIA Grade 1.

Berada di negara tropis, sirkuit ini bukan hanya menjadi lokasi ajang balap. Tak sedikit publik yang mengunjunginya juga menikmati keindahan alam yang tersuguh seperti pantai atau hutan. Juga suguhan kuliner khas Thailand yang menggoda, belum lagi keeksotikan budaya lokalnya.

Lokasi sirkuit ini memang bukan berada di tengah-tengah kota. Jaraknya mencapai 400 km dari kota Bangkok yang bisa dicapai dengan berkendara selama lima jam. Warga lokal yang hangat dan penuh semangat akan balap motor siap menyapa siapapun yang mengunjungi sirkuit kebanggaan mereka tersebut.

Didesain oleh arsitek Jerman bernama Hermann Tilke, sirkuit Buriram memiliki panjang lintasan 4,6 kilometer yang terdiri dari lima tikungan ke kiri dan tujuh tikungan ke kanan. Adapun, daya tampungnya mencapai 100 ribu penonton yang siap menjadi saksi juara untuk pertama kalinya di sirkuit ini.

Kalau kamu sendiri, siapa pembalap yang jadi jagoan?