Macet bisa dibilang sudah menjadi pemandangan setiap hari buat bikers yang tinggal di kota-kota besar. Terjebak di tengah-tengah kemacetan memang bikin jengkel. Namun begitu kita tetap perlu fokus di jalan.

Alon-alon waton kelakon. Inilah tipsnya bila kamu terjebak kemacetan di perjalanan.

1/ Tetap Berkepala Dingin

Saat macet kita akan dihadapkan pada kondisi-kondisi yang bisa memancing emosi. Mulai dari klakson pengendara di belakang, kendaraan kanan-kiri yang mepet banget, dan sebagainya. Maka itu, jangan terpancing emosi dan tetaplah berkepala dingin.

Karena hanya dengan ketenangan maka kita bisa melakukan trik di poin kedua ini.

2/ Membaca Lalu Lintas di Depan

Saat macet, cobalah membaca penyebab kemacetan di depan. Lihat arah kendaraan-kendaraan di depan, cenderung mengarah ke lajur kiri atau kanan. Karena sering kali macet disebabkan terganggunya salah satu lajur jalan. Biasa jadi karena ada kecelakaan, perbaikan jalan, mobil mogok, dan sebagainya.

Karenanya kita perlu memposisikan motor di lajur yang benar. Disadari atau tidak, lajur tersebut biasanya bergerak lebih cepat.

3/ Waspada Kendaraan Sekitar

Hal ini sangat perlu dilakukan bila ada kendaraan-kendaraan besar di sekitar motor kita saat macet. Penting diketahui, kendaraan besar seperti truk atau bus tidak punya sudut pandang yang bagus ke sekelilingnya.

Semakin motor kita ke kendaraan-kendaraan seperti itu, bisa jadi sang sopir tidak bisa mengetahui keberadaan kita. Bila hal ini tidak diwaspadai maka bisa celaka.

Untuk itu, amannya sebisa mungkin menjauh dari bus atau truk pada sebuah kemacetan.

4/ Tetap Fokus Berkendara

Tak jarang kondisi macet benar-benar membuat lalu lintas berhenti total. Sering kali ditemui pengendara memanfaatkan waktu “senggang” ini untuk mengecek ponsel pintarnya. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa ini adalah kebiasaan buruk yang bisa berujung bencana.

5/ Jangan Tergoda Langgar Lalu Lintas

Sudah macet, jangan pula ditambah dengan perilaku di jalan yang memperburuk keadaan. Kondisi macet mungkin memang menambah durasi kita di jalan. Namun bukan berarti kita bisa melanggar peraturan lalu lintas seperti naik trotoar atau lawan arus.

Source Image : www.liputan6.com