Mencuci sepeda motor memang harus dilakukan untuk menjaga kebersihannya. Selain itu kegiatan ini juga bisa menghindari kerusakan seperti timbulnya karat karena debu dan kotoran yang banyak menempel di komponen sepeda motor. Tak sedikit biker yang hanya mencuci ketika sepeda motor sudah dalam kondisi kotor. Padahal seharusnya Honda Lovers membersihkan sepeda motor ini secara rutin, minimal seminggu sekali.

Debu dan kotoran yang menempel di komponen sepeda motor kalau dibiarkan terlalu lama akan membuat karat yang nantinya akan sulit dibersihkan. Jadi mulailah untuk rutin mencuci sepeda motor Honda Lovers, agar tetap terlihat seperti baru. Namun, Honda Lovers juga harus memperhatikan waktu terbaik untuk mencuci sepeda motor kesayanganmu.

Tidak sedikit biker yang mencuci sepeda motornya setelah beraktivitas di malam hari, mungkin Honda Lovers berpikir kalau itu adalah waktu terbaik, padahal seharusnya kamu menghindari waktu tersebut. Sepeda motor berbeda dengan manusia yang akan merasakan kesegaran mandi setelah beraktivitas seharian, sepeda motor yang dalam kondisi mesin panas ini justru berbahaya untuk dicuci.

Mesin yang masih panas ini rentan mengalami kerusakan ketika disiram air dingin, mesin akan terlihat mengelupas karena perubahan suhu yang sangat cepat dari panas ke dingin. Tetapi, kerusakan mesin ini terjadi kalau Honda Lovers terlalu sering mencuci sepeda motor dalam keadaan mesin panas atau setelah digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Sebenarnya tidak masalah kalau Honda Lovers mencuci sepeda motor di malam hari setelah digunakan untuk beraktivitas, tetapi sebaiknya kamu membiarkan mesin dalam kondisi dingin sebelum di cuci. Kamu bisa mengistirahatkan sepeda motormu selama 20-30 menit sampai suhu mesin menurun agar terhindar dari kerusakan komponen mesin karena perubahan suhu ekstrem. Selain itu, Honda Lovers juga bisa mencuci sepeda motor di pagi hari sebelum sepeda motor digunakan untuk beraktivitas.

Source Featured Image : www.viva.co.id/otomotif