Honda Lovers, momen riding motor kesayangan saat ini memang sudah tidak bisa dilepaskan dari fashion. Makin gaya motornya, tampilan si pengendara juga wajib trendi untuk mengimbangi. Salah satu opsi pelengkap busana anak motor adalah jaket kulit. Gaya Honda Lovers saat naik motor Honda klasik hingga Honda custom bergaya caferacer atau scrambler bakalan makin terdongkrak.

Namun jangan salah. Ada beberapa langkah yang wajib Honda Lovers lakukan untuk merawat jaket kulit ini. Tujuannya tentu saja agar jaketnya makin awet.

Cek Label

Mungkin ini terkesan sederhana, tapi patut diingat. Tidak semua jaket kulit dibuat serupa. Tipe bahan yang dipakai untuk membuat jaket – baik kulit sapi, kulit domba atau kulit rusa –  bisa membuat banyak perbedaan soal perawatan. Jika Honda Lovers ragu, cek labelnya dan lihat apakah ada instruksi khusus di label tersebut yang bisa kamu ikuti.

Jaga Kebersihan

Honda Lovers masih bingung cara menjaga kebersihan jaket kulit? Googling merupakan jawabannya. Namun salah satu langkah termudah adalah menggunakan sejumput garam atau bahkan mengoleskan olive oil untuk mengangkat kotoran. Cara gampangnya sih pakai mesin cuci. Tapi resiko rusaknya juga jauh lebih besar.

Cara Membersihkan Jaket Kulit

Ada beberapa metode membersihkan jaket kulit yang bisa Honda Lovers coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan bedak talc untuk menghilangkan noda. Atau bisa juga mengusap jaket dengan air hangat campur sabun pakai sponge kemudian dibersihkan dengan kain halus atau microfiber.

Jaga Tetap Kering

Idealnya, Honda Lovers jangan memakai jaket kulit saat musim hujan. Soalnya air merupakan salah satu benda yang bisa mengakibatkan masalah pada kulit. Saat basah, minyak alami di jaket kulit bisa hilang. Dan saat panas, minyak tersebut bisa menguap dan menyebabkan lapisan kulit menjadi terlalu kering.