Musim hujan telah tiba, untuk itu Honda Lovers sebaiknya meningkatkan kewaspadaan selama berada di jalan raya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah perlunya menghindari sejumlah modifikasi yang bisa dibilang merugikan saat musim hujan. Penasaran apa saja?

Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut, mungkin ada sebagian dari Honda Lovers yang berniat membeli motor baru Honda. Kalian bisa mengecek harga motor Honda terbaru di halaman yang tersedia di situs MPM Honda Jatim.

Balik lagi ke topik utama. Saat musim hujan datang kita akan dihadapkan pada kondisi jalan raya yang basah. Ditambah lagi terkadang jarak pandang menjadi berkurang. Hal ini menuntut kewaspadaan ekstra bila kita memang terpaksa harus bermotor saat hujan turun. Biar selalu aman di jalan, ada baiknya Honda Lovers hindari jenis-jenis modifikasi seperti ini:

1/ Menggunakan ban “cacing”

Tren modifikasi ban cancing makin ke sini memang sudah berkurang. Tapi sebagai pengingat, sangat tidak disarankan mengganti ban standar motor Honda dengan ban cacing.

Profil ban cacing yang tipis hanya menyediakan bidang kontak sangat sedikit dengan aspal. Kondisi ini membahayakan ketika jalanan basah karena bisa-bisa motor tidak mendapat cengkraman yang ideal.

2/ Memasang fender eliminator

Buat Honda Lovers yang belum mengenalnya, fender eliminator merupakan pengganti spatbor belakang yang ukurannya sangat mungil. Sudah bisa ditebak bahwa menggunakan komponen modifikasi ini bakal sangat merugikan ketika musim hujan.

Alasannya, tak lain karena itu artinya kita sama dengan melepas spatbor bawaan motor. Bisa-bisa air cipratan ban belakang ke mana-mana, Honda Lovers.

Hal ini bukan hanya bikin pakaian kita kotor, tapi cipratan ban belakang juga berpotensi mengganggu pengendara lain yang berada di belakang.

3/ Melepas filter udara

Melepas filter udara dianggap sebagai salah satu cara bikin tarikan motor jadi lebih enteng. Untuk kepentingan balap hal ini sah-sah saja dilakukan, namun lain halnya jika untuk harian. Terlebih lagi ketika memasuki musim hujan.

Melepas filter udara berarti membiarkan udara bebas masuk dan tidak menutup kemungkinan juga air. Jadi jangan ambil risiko, Honda Lovers.

Itu dia beberapa jenis modifikasi yang pantang dilakukan saat musim hujan. Biar Honda Lovers tetap nyaman dan aman berkendara meski jalanan basah.