Setiap tahun kita dihadapkan dengan musim hujan yang selalu datang menyapa. Buat pengendara motor, musim hujan artinya kita perlu melakukan perawatan ekstra biar motor selalu enak dipakai dan kondisinya terjaga.

Namun sebelum membahas lebih jauh, kalian yang ingin mengecek harga motor terbaru Honda bisa mengecek halaman yang sudah disediakan. Di sana Honda Lovers bisa mendapatkan informasi lengkap, mulai dari harga motor Honda BeAT atau produk lainnya.

Balik lagi ke topik utama, ketika musim hujan datang ada sejumlah komponen yang perlu Honda Lovers perhatikan. Pastikan komponen-komponen tersebut berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu perjalanan.

Perhatikan komponen safety

Berkaitan dengan safety, komponen yang perlu dicek meliputi ban depan dan belakang, rem, lampu-lampu, dan kondisi rantai motor. Ketika musim hujan rantai motor cenderung lebih mudah kehilangan pelumasnya. Jadi Honda Lovers perlu memberikan chain lube lebih sering.

Mengantisipasi timbulnya karat

Hal lain yang perlu diwaspadai pada musim hujan adalah kerap timbulnya korosi pada bagian-bagian motor yang terbuat dari bahan metal. Untuk mencegahnya maka Honda Lovers disarankan rajin mencuci motor dengan air bersih yang mengalir guna membersihkan motor dari air hujan. Setelah dibilas, jangan lupa keringkan menggunakan lap bersih.

Solusi motor mogok karena banjir

Ada kalanya kita mendengar kasus motor mogok karena tergenang air. Ketika tergenang banjir, mesin motor memang bisa mogok, Honda Lovers. Dalam kondisi darurat, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakoni.

Pertama, cek kondisi busi dengan melihat apakah ada percikan api yang dikeluarkannya. Langkah selanjutnya, Honda Lovers bisa memastikan nggak ada air di dalam mesin. Caranya dengan menggunakan kick starter dengan busi terbuka. Jika ada air yang masuk ke ruang bakar, maka air akan keluar dari lubang busi yang terbuka itu.

Hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengecek kondisi oli tidak tercampur air. Apabila warna oli berubah menjadi coklat muda seperti susu, berarti oli mesin perlu dikuras.

Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, semoga Honda Lovers bisa lebih berhati-hati ketika harus berkendara saat musim hujan. Pesannya, jangan memaksakan diri untuk berkendara ketika hujan lebat turun, ya, Honda Lovers.