Suspensi atau shockbreaker memegan peranan penting pada sepeda motor kita. Suspensi yang menurun performanya bisa dipastikan mengganggu pengalaman berkendara kita.

Maka untuk mempertahankanya, ada sejumlah tips yang bisa Honda Lovers lakukan.

Setiap motor pastinya dilengkapi dengan shockbreaker. Ada yang menggunakan model monoshock, biasanya motor sport dan matic seperti Honda Vario. Kalian bisa mengecek harga motor Honda Vario terbaru di halaman yang sudah disediakan. Namun, ada pula yang menggunakan suspensi sepasang, seperti yang bisa ditemui pada motor bebek.

Untuk merawatnya, inilah tips yang bisa kalian lakukan:

1/ Hindari ngebut di jalan rusak

Biar shockbreaker awet, hindari melewati jalanan rusak. Jika pun terpaksa, lakukan dengan kecepatan rendah. Hal ini agar motor Honda kalian terhindar dari menghantam lubang dalam.

2/ Jangan overload

Setiap jenis sepeda motor memiliki beban maksimal yang bisa diangkut. Untuk pastinya dari setiap model kalian bisa mendapatkan informasinya di buku panduan pemilik.

Biar suspensi awet, hindari berkendara dengan bobot bawaan berlebih karena hal tersebut membuat suspensi bekerja lebih keras dan cepat rusak.

3/ Rutin ganti oli suspensi

Untuk suspensi depan, usahakan rutin menggantinya karena pada titik tertentu oli tersebut kualitasnya sudah menurun. Disarankan untuk mengganti oli suspensi sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu tahun.

4/ Hindari pemasangan komponen tambahan

Ada kalangan bikers penggemar modifikasi yang memasang komponen peninggi pada shockbreakter, baik pada bagian depan atau belakangnya. Contoh komponennya adalah anting-anting peninggi atau penambah panjang shockbreaker depan.

Hal ini bisa menggangu kinerja shockbreaker, Honda Lovers. Jadi jangan korbankan kenyamanan dan keamanan demi sebatas penampilan.

5/ Rajin membersihkan

Tips terakhir ialah menjaga kebersihannya, Honda Lovers. Terutama untuk bagian tabungnya guna membersihkan debu-debu atau benda asing lain yang bisa bikin seal bocor.