Kemunculan Honda Vario dengan teknologi Light Emiting Dioda (LED) pastinya menjadi daya tarik Honda Lovers. Selain desain yang semakin tajam teknologi lampu LED juga bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin irit.

Pertimbangan berubahnya lampu bohlam menjadi LED tentunya untuk mendapatkan daya listrik yang tidak terlalu besar. Bahkan penggunaan lampu LED yang memiliki watt lebih kecil tidak akan membebankan kinerja crankshaft pada mesin. Hal ini membuat putaran lebih ringan dan konsumsi BBM semakin irit.

Mengapa bisa demikian? Dilihat dari efek samping dari sinar lampu bohlam yang terang harus dengan watt yang besar, begitu juga dengan gelombang magnet yang dihasilkan juga besar. Hal ini tentunya akan membebani putaran crankshaft sehingga akan mempengaruhi engine yang memiliki tarikan lebih berat dan konsumsi bbm yang lebih boros.

Perbedaan daya lampu bohlam dengan LED bisa dua kali lipat lebih kecil daya LED, bahkan LED memiliki sinar yang terbilang terang pada malam hari. Selain itu putaran crankshaft bisa bekerja lebih maksimal.

Teknologi LED membuat Honda Lovers minim akan perawatan dengan catatan arus listrik terjaga dengan baik. Namun teknologi LED bersifat paralel, jadi jika ada satu lampu yang rusak maka keduanya akan mati.

Penggantian lampu LED biasanya dilakukan satu paket dengan mika lampu. Dengan begitu harga yang sedikit mahal namun penggunaan lampu LED akan mahal diawal saja. Terlebih saat ini aturan yang berlaku untuk menyalakan lampu pada siang hari.

Satu hal yang harus kalian perhatikan adalah dilarang memasang saklar on – off karena malah akan membuat lampu LED mudah cepat rusak. Dan dalam hal pemasangan LED dan perawatan motor Honda kalian harus di bengkel resmi AHASS guna mendapatkan parts asli Honda Genuine Part (HGP).