Dalam melakukan perjalanan dengan sepeda motor, kita akan menemui beragam jenis jalan. Tak terkecuali jalanan menurun. Belum banyak yang menyadari bawah melintasi jalan menurun ada tipsnya tersendiri biar Honda Lovers bisa melintasinya dengan nyaman dan lebih penting lagi aman.

Kebanyakan orang berpikir bahwa jalanan menanjak adalah tantangan dalam berkendara. Hal ini ada benarnya terutama untuk performa mesin sepeda motor. Mesin motor yang kurang sehat pastinya “loyo” di tanjakan. Maka itu saat berkendara di jalan tanjakan kita sangat bergantung pada kekuatan mesin motor. Namun, bagaimana ketika berkendara di jalanan menurun?

Hal ini agak berbeda, Honda Lovers. Di jalanan menurun, secara alamiah kita akan mengikuti tarikan gaya gravitasi yang otomatis membuat rider perlu melakukan kontrol terhadap kecepatan dan pengendalian lebih baik. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara aman berkendara di jalanan menurun, Honda Lover bisa simak informasi di bawah ini.

1/ Menyeimbangkan distribusi bobot

Saat melintasi jalanan menurun, sepeda motor akan menerima bobot lebih besar pada bagian depan (setang dan ban). Pada titik tertentu tekanan tersebut berpotensi mengurangi handling sepeda motor. Untuk mengatasinya Honda Lovers bisa melakukan upaya penyeimbangan dengan menggeser posisi duduk lebih ke belakang.

2/ Menjempit tangki dengan paha

Cara ini bisa membantu Honda Lover memanipulasi handling motor sehingga tidak selalu mengandalkan tangan. Di mana biasanya mengakibatkan pergelangan tangan pegal ketika kita berkendara di jalanan menurun, apalagi yang jaraknya panjang. Sayangnya, trik ini hanya bisa dipraktikkan oleh merek yang menggunakan motor sport.

3/ Atur kecepatan sebelum masuk tikungan

Jalanan menurun yang dikombinasi dengan tikungan memang cukup mengasyikkan untuk dilalui. Satu hal yang perlu Honda Lovers ingat ialah selalu mengatur kecepatan sebelum masuk tikungan. Dengan adanya tarikan gravitas, bukaan gas akan terasa menghasilkan tenaga yang lebih besar ketika di jalanan datar. Jika Honda Lovers baru mengatur kecepatan di tikungan maka terlalu berisiko.

4/ Antisipasi pandangan ke depan

Tak kalah penting, tips selanjutnya untuk berkendara di jalanan menurun adalah selalu membuka pandangan jauh ke depan. Prinsip ini sebenarnya berlaku di semua kondisi jalan, namun karena di jalanan menurun biasanya motor melaju lebih kencang maka sangat penting untuk melakukannya.

Itu dia tips aman melintasi jalanan menurun yang Honda Lovers perlu ketahui. Pesan lain, selalu gunakan perlengkapan berkendara yang aman dan pastikan kondisi motor dalam keadaan prima.