Berbicara perawatan sepeda motor, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Namun umumnya mencakup tiga poin, yaitu meliputi perawatan mesin, kelistrikan, dan penampilan motor itu sendiri. Kali ini Honda Lovers akan diajak membahas poin ketiga dengan mengetahui caranya menjaga cat motor selalu mengkilap.

Selain usia, ada beberapa hal lain yang bisa membuat cat motor kehilangan kilapnya. Pertama-tama kamu mesti tahu bahwa permukaan cat motor memiliki semacam pori-pori. Walau ukurannya sangat kecil dan tak bisa dilihat oleh mata telanjang, namun “pori-pori” tersebut bisa menjadi sarang untuk kotoran. Entah debu, minyak, atau zat lain yang datang dari lingkungan luar.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1/ Mencuci motor dengan benar

Cara paling mudah untuk mengatasi timbunan kotoran tersebut ialah dengan mencuci motor secara teratur. Tak sembarangan, ada langkah-langkah yang perlu Honda Lovers ketahui untuk mencuci motor dengan benar. Selalu gunakan sabun yang memang dibuat khusus untuk mencuci motor. Kemudian, selalu gunakan lap yang berbeda untuk mencuci bagian-bagian yang kotor dan mengeringkan. Ketiga, cuci motor dari bagian atas (bodi) terlebih dahulu baru dianjutkan ke kaki-kaki dan mesin.

2/ Jangan lupa keringkan

Tak kalah penting dalam upaya menjaga cat motor selalu mengkilap ialah selalu melakukan proses pengeringan usai cuci motor. Alasannya, air yang masih bersarang pada bodi motor berpotensi memunculkan bercak-bercak noda sisa air bahkan hingga mendatangkan jamur. Pastinya Honda Lovers tak menginginakn hal ini kan? Selain setelah pencucian, air hujan yang tertinggal di bodi motor juga sebaiknya segera dikeringkan.

3/ Hindari memasang sticker tak perlu

Hal lain yang berpotensi menggangu kondisi cat motor ialah kebiasaan memasang sticker. Jika sticker itu memang perlu (misal sticker parkir langgangan atau akses jalur tertentu) maka apa boleh buat. Namun di luar itu, sangat disarankan untuk tidak menempel sticker di bodi motor. Karena ada beberapa jenis sticker yang lama kelamaan akan mengeras dan nyaris tak bisa dilepas.

4/ Tempat parkir

Tampat parkir juga sedikit banyak juga ada hubungannya dengan kondisi cat motor. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung saat parkir motor. Bisa dengan mencari tempat yang teduh atau sekalian beli sarung motor biar pasti aman.

Bagaimana? Gampang kan cara rawat cat motor agar selalu mengkilap. Kondisi cat motor yang kinclong bukan hanya enak dipandang, namun juga menjadi cerminan kepribadian pemiliknya.