Posisinya yang mengalami kontak langsung dengan aspal membuat peran ban motor sangat vital. Selain sebagai penerus daya mesin, ban motor juga menjadi faktor penentu pengereman, handling, hingga kestabilan dalam berkendara. Untuk itu sudah sepatutnya pemilik motor menaruh perhatian pada si karet bundar ini.

Gangguan kondisi pada ban motor tak sebatas pada menipisnya pola karet di permukaan ban. Melainkan juga gejala karet ban retak-retak atau bocor.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, simak tips selengkapnya dalam merawat kondisi ban motor. Karena bisa saja kerusakan yang awalnya sepele itu justru mengharuskan Honda Lovers merogoh kocek untuk membeli ban baru, padahal sebenarnya ban masih cukup tebal.

Yuk, simak tips merawat ban sepeda motor berikut ini:

1/ Rutin periksa tekanan angin. Perawatan ban motor sebenarnya terbilang mudah. Contohnya seperti rutin memastikan tekanan angin sesuai dengan buku panduan. Honda Lovers perlu ingat ketika ban motor kekurangan angin akan terjadi flex atau lipatan karet ban yang berlebihan. Ketika harus melewati lubang jalan atau permukaan yang tak rata maka berpotensi terjadi kebocoran. Hal ini tak perlu terjadi jika tekanan angin ideal. Dari sisi pengendaraan, ban yang kempis juga membuat motor tak enak dikendarai.

2/ Cek kondisi fisik ban. Periksa secara berkala kondisi visual ban secara keseluruhan.

  • Buang benda-benda yang menempel pada alur ban seperti batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya karena dapat merusak alur ban.
  • Bersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air.
  • Jika telapak pada ban sudah aus akan membuat ban mudah tertusuk atau rusak.

3/ Ganti segera ban luar jika telah mencapai batas keausan dengan melihat thread wear indicator (TWI) sebagai patokan.

4/ Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.

5/ Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.