Aktivitas berkendara tak akan selamanya mulus. Pada saat-saat tertentu Honda Lovers bisa jadi harus melakukan pengereman mendadak. Misalnya ketika kendaraan di depan tiba-tiba mengurangi kecepatan atau munculnya hal lain yang di luar dugaan.

Untuk itulah seorang bikers perlu menguasai teknik pengereman darurat biar selamat di jalan. Agar bisa menguasainya dengan sempurna memang butuh waktu dan latihan, namun bukan mustahil untuk dikuasai.

Biar paham, inilah tipsnya melakukan pengereman darurat sepeda motor yang bisa Honda Lovers pelajari.

1/ Melakukan pengereman bertahap

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pengereman darurat ialah cara menggunakan rem tersebut. Hindari menarik tuas rem sekaligus dalam-dalam karena sangat berbahaya. Ban bisa menguji dan motor kehilangan kestabilan. Bahkan, untuk motor yang dilengkapi ABS sekalipun berpotensi mengalami skid jika rider-nya melakukan hal ini. Cara yang benar adalah menarik tuas rem secara bertahap hingga level yang dibutuhkan untuk mengehentikan laju motor.

2/ Gunakan rem depan dan belakang

Menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan lebih efektif untuk menghentikan laju motor dibanding hanya menggunakan satu rem saja. Dari sudut pandang teknis, hal ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan distribusi bobot motor pada saat mengerem. Jika Honda Lovers hanya menggunakan rem depan maka sepenuhnya bobot akan tertumpu pada ban depan dan hal ini sangat berbahaya.

3/ Hati-hati terhadap lalu lintas sekitar

Setelah mengetahui caranya melakukan pengereman dengan benar, selanjutnya Honda Lovers mesti tahu juga skill yang sifatnya pencegahan, yaitu selalu awas terhadap lalu lintas di sekitar kita. Pastinya Honda Lovers tak mau kan menghadapi situasi yang mengharuskan pengereman mendadak dari kecepatan 80 km dengan jarak kendaraan depan hanya 5 meter? Makanya, sebaiknya selalu jaga jarak aman. Bukan hanya dengan kendaraan di depan, namun juga di belakang.

4/ Latihan

Hal ini bisa Honda Lovers lakukan di area kosong yang aman dengan perlengkapan berkendara komplet. Tak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi. Yang terpenting adalah Honda Lovers memahami karakter motor ketika dipakai mengerem mendadak. Juga menilai kualitas kerja rem apakah masih bagus atau mesti ada yang benahi.