Honda Lovers, nggak semua orang paham kalau komponen motor yang namanya ban itu pegang peranan yang sangat penting. Jangan-jangan termasuk kamu nih Honda Lovers? Ban itu nggak hanya berfungsi untuk menopang bobot motor dan menyerap getaran belaka. Yang lebih vital lagi ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Ban itu sendiri terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari karet yang dicampur dengan zat khusus, pigmen, kawat, benang dan yang lainnya yang masing-masing punya fungsi berbeda. Ban juga punya tipe dan jenis yang bervariasi dengan kegunaan yang juga nggak sama. Kayak tubeless, tube type, sport, scooter, racing, dual sport alias adventure sampai ban slick yang biasa dibesut pembalap motor di sirkuit.

Biar tambah paten, para produsen ban sudah memanfaatkan teknologi Nitrogen (N2) saat proses curing atau pemanasan untuk mendapatkan kualitas kompon yang padat, merata dan kuat. Awalnya memang diterapin untuk proses produksi ban mobil. Tapi belakangan sudah digunakan oleh produsen ban motor juga kok biar memenuhi kebutuhan pengendara roda dua akan keselamatan berkendara.

Ban sendiri punya empat bagian penting ya Honda Lovers. Mereka adalah:

Kembang Ban. Bagian yang punya nama keren Tread Grooves ini berfungsi untuk mengalirkan air yang berada di antara ban dan permukaan jalan serta meminimalis efek pertambahan panas dari ban pada area crown.

Lalu ada lagi lembaran kain ban berlapis karet yang membentuk konstruksi ban dan dikasih julukan Tyre Cords (Carcass). Lapisan karet ini berfungsi untuk melindungi dari kerusakan luar tapi juga mencegah kerusakan yang ditimbulkan karena gesekan diantara kain ban sekaligus berguna untuk menahan beban luar, goncangan, benturan dan tekanan angin dari dalam.

Inner Linner atau lapisan karet butyl yang melapisi keseluruhan bagian dalam dari ban tubeless. Bagian ini berfungsi seperti ban dalam, yang menahan tekanan angin pada ban tubeless.

Bead Wire atau cincin dari kawat karbon tinggi, yang berlapis karet dan terpasang pada keliling ban. Bagian ini menjamin pemasangan yang kokoh dari ban ke velg.