Honda Lovers, yang Namanya busi memiliki fungsi penting untuk motor Honda kesayangan. Nggak heran kalau piranti ini masuk dalam daftar perawatan setiap kali Honda Lovers melakukan service. Busi sendiri punya masa pakai ideal busi antara 8.000 hingga 10.000 km. Tapi jangka waktu penggunaan yang ideal tersebut bisa berubah tergantung pemakaian, modifikasi atau ada salah satu komponen penunjang yang mengalami kerusakan.

Nah, cara merawatnya juga cukup mudah kok Honda Lovers. Untuk setiap pemakaian 4.000 km, Honda Lovers bisa melakukan pembersihan. Caranya adalah melepas busi saat kondisi mesin dalam keadaan dingin. Setelah lepas, kamu bisa menyiramnya dengan bensin di bagian kepala busi. Lepas itu tinggal membersihkan kerak memakai sikat kawat.

Kalau dirasa sudah bersih dari kerak sisa pembakaran, langsung dikeringkan dengan cara meniupnya. Kemudian pasang kembali busi. Jangan lupa untuk membersihkan kepala busi dengan menggunakan lap kering ya Honda Lovers.

Honda Lovers mau tahu yang menyebabkan busi cepat mati selain lalai melakukan perawatan? Ini dia :

Asupan Bahan Bakar Melimpah

Asupan bensin yang terlalu boros bisa membuat busi harus bekerja ekstra keras. Lantaran busi makin banyak tersiram bensin atau biasa kita kenal dengan busi basah. Oleh karena itu kalian wajib melakukan penyetelan sesuai kapasitas mesin.

Salah Pemasangan

Nah, yang satu ini nih yang biasanya kerap terjadi. Honda Lovers lalai dan salah saat memasang busi. Nggak boleh longgar atau memaksa hingga ulir busi aus dan dratnya rusak. Terlihat sepele namun kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah pada mesin, mulai dari tenaga motor yang ngempos, hingga busi yang jadi cepat mati.

Arus Pendek Pada Jalur Pengapian

Lantaran jalur pengapian korslet, beberapa komponen  bisa rusak karena kapasitas listrik yang tidak sesuai. Solusinya Honda Lovers harus jalur pengapian. Kalau memang sudah rusak, langsung diganti deh. Ketimbang kerusakan menjalar ke bagian lainnya.

Kompresi Mesin Bocor

Tenaga mesin yang mengempos bisa disebabkan oleh kompresi yang bocor, hal ini tentunya membuat busi bekerja keras dalam menghasilkan pembakaran di dalam mesin.