Saat riding motor, banyak mitos-mitos yang dipercaya para bikers. Padahal sejatinya mitos-mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Berikut adalah beberapa mitos yang kerap beredar di kalangan bikers saat mereka riding.

  1. Loud Pipes Save Lives

Walau terlihat sepele, namun ini nih pernyataan yang gaungnya santer terdengar. Biasanya para pengguna knalpot embwer (lantaran suaranya terdengar seperti embweeer) punya pendapat bahwa kendaraan apapun bakal minggir saat mendengar suara knalpot yang besar. Tidak ada teori hasil riset yang menyatakan bahwa pengendara lain akan minggir saat mereka mendengar suara knalpot. Bahkan bisa jadi mereka bakal sebal lantaran kamu memblayer knalpot yang bising.

  1. Jangan Pakai Oli Sintetik Untuk Mesin Motor

Banyak orang yang berpendapat kalau oli sintetik bakal membuat bearing lekas aus dan rusak lantaran karakternya yang licin bisa mencegah elemen berputar seperti bearing bekerja dengan baik. Padahal faktanya oli sintetik tidak lebih licin dari oli mineral.

  1. Jangan Mengerem Pakai Rem Depan Lantaran Bisa Membuat Terpelanting

Ini adalah salah satu mitos tertua yang paling dipercaya di kalangan bikers. Sepertinya mitos ini berkembang saat ada bikers yang meremas tuas rem depan secara mendadak di jalanan berpasir. Kalau itu sih wajar saja. Soalnya saat kamu mengerem dengan menggunakan rem depan secara penuh di jalan berpasir dapat membuat ban depan terkunci yang menyebabkan motor terpelanting.

  1. Menggunakan Bensin Oktan Tinggi Motor Lebih Bertenaga

Ditinjau dari sudut pandang produksi tenaga, nggak ada perbedaan mencolok antara bensin oktan tinggi dengan bensin oktan rendah. Pasalnya bensin oktan tinggi diformulasikan agar tidak lebih mudah menguap dan lebih lambat terbakar dibandingkan bensin beroktan rendah.

  1. Jangan Menggunakan Gemuk di Baut Agar Baut Tidak Cepat Slek

Sama seperti mitos lainnya, mitos ini juga tidak beralasan. Agar baut bisa kencang dengan baik, baut harus dikencangan secukupnya. Nah sewaktu cara mengencangkannya salah, bisa jadi ada friksi yang menyebabkan ulir baut rusak.