Surabaya, Berkendara dengan sepeda motor kini diminati masyarakat Indonesia. Para pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati berkendara dengan motor saat membawa anak-anak bersama mereka. Pada momentum hari Anak ini, Yudistira Ardi selaku Instruktur Safety Riding MPM memberikan tips berkendara yang aman pada saat membonceng anak

Berikut tips Cari_Aman membonceng anak di sepeda motor. Pertama memakai Helm. Hal ini sudah menjadi standar saat bepergian menggunakan kendaraan roda dua, yaitu wajib menggunakan helm. Namun, tak hanya pengedaranya saja yang wajib memakai helm. Penumpang juga wajib menggunakan helm, baik itu orang dewasa maupun anak.  Pastikan pula helm yang digunakan sesuai dengan ukuran kepala penumpang, bila membawa anak- anak pastikan helm yang dikenakan memang helm khusus anak-anak. Bila mereka menggunakan helm orang dewasa akan kebesaran dan mudah lepas. Selain itu mereka juga tak akan betah berlama-lama menggunakan helm tersebut.

Kedua, menggenakan jaket dan masker. Selain helm anak juga harus menggunakan jaket dan masker. Tubuh anak anak masih sangat rentan terhadap angin kencang serta polusi udara. Jaket dan masker ini dikenakan guna mencegahnya untuk terpapar debu dan angin yang dapat membuat mereka terserang penyakit.

Ketiga, duduk di belakang. Jika anak sudah cukup besar, tinggi badannya memadai, dan kakinya bisa menyentuh pijakan kaki ia bisa duduk di belakang. Namun, jika belum, sebaiknya ada orang dewasa lain yang mendampinginya saat duduk di belakang. Ketika membonceng balita bawa pengaman khusus seperti sabuk boncengan. Posisi duduk harus senyaman mungkin dan usahakan jangan bawa anak lebih dari satu.

” Carilah rute berkendara paling aman. Hindari jalan yang tidak rata atau berlubang. Terakhir, taatilah rambu-rambu lalu lintas, dan jangan melanggar karena akan sangat berbahaya.” tutup Yudistira