Setiap kendaraan bermotor selalu dilengkapi ban yang nggak tanya berfungsi untuk menahan beban kendaraan dan penumpang yang ada di atasnya. Si karet bundar juga dapat membantu mengatur kecepatan laju sepeda motor, menambah kenyamanan serta keamanan kamu saat berkendara. Tekanan ban yang sesuai bakal membuat ban lebih awet dan bahan bakar juga menjadi lebih irit, jadi sangat penting untuk memperhatikan kondisi ban motor Honda kesayangan sebelum berkendara.

Tak hanya itu, ban sepeda motor juga memiliki usia pakai maksimal yang harus Honda Lovers perhatikan. Seiring lamanya waktu pemakaian dan usia ban, tak heran kalau kualitas ban sepeda motor ini juga mengalami penurunan. Tetapi masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya mengetahui  usia maksimal pemakaian ban sepeda motor ini.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk melihat apakah ban sepeda motor sudah harus diganti atau belum, salah satunya dengan menggunakan TWI atau Tread Wear Indicator. Mengecek kondisi ban sepeda motor dengan menggunakan TWI ini sangat mudah, karena TWI bisa memberikan gambaran yang jelas kalau ban sepeda motor sudah mulai menipis dan tak layak pakai.

Setiap ban sepeda motor sudah dilengkapi Tread Wear Indicator ini yang dijadikan sebagai indikator untuk menunjukkan kondisi ban apakah sudah mulai aus dan harus diganti atau belum. TWI biasanya terletak di sekitaran tapak ban sepeda motor, Honda Lovers dapat melihat tanda segitiga di ban sepeda motor dan bagian  yang menonjol di dekatnya.

Apabila Honda Lovers melihat tapak atau kembang di ban sepeda motor sudah sejajar dengan bagian yang menonjol itu, artinya kamu harus segera mengganti ban sepeda motor dengan yang baru. Ban yang sudah mulai tipis ini tentu sangat berbahaya untuk digunakan terus-menerus karena ban akan menjadi lebih licin sehingga sulit untuk diatur, terlebih ketika kamu sedang melakukan pengereman di jalan raya. Bukan tidak mungkin kalau kamu akhirnya harus mengalami kecelakaan karena memaksa untuk menggunakan ban sepeda motor yang sudah tak layak pakai.