Banyak orang yang masih memanaskan sepeda motor mereka setiap pagi sebelum digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Termasuk Honda Lovers ya? Mereka masih menganggap memanaskan sepeda motor dapat membantu menjaga dan meningkatkan performa sepeda motornya.

Memang memanaskan sepeda motor dalam waktu yang lama dapat membuat oli naik dan melumasi semua komponen mesin sebelum dikendarai agar mesin tidak saling bergesekan dan lebih nyaman untuk digunakan. Tetapi banyak yang tidak mengetahui kalau memanaskan sepeda motor dalam waktu yang lama ini hanya perlu dilakukan pada sepeda motor yang masih menggunakan sistem karburator, dan bukan pada sepeda motor yang sudah mengusung teknologi fuel injection.

Sepeda motor yang menggunakan teknologi fuel injection juga perlu dipanaskan untuk meratakan pelumas di silinder, tetapi jangan terlalu lama. Sepeda motor yang menggunakan teknologi ini sebenarnya sudah siap pakai, hanya saja kalau Honda Lovers ingin sepeda motor lebih siap lagi, kamu dapat memanaskannya sebentar saja.

Jika terlalu lama, dikhawatirkan malah akan menimbulkan kerusakan di beberapa komponen sepeda motor. Seperti halnya lampu sepeda motor dengan teknologi AHO alias Automatic Headlight On. Saat mesin sepeda motor dinyalakan dalam waktu lama, lampu akan memanas dan energi panasnya juga tidak terbuang karena tidak adanya sirkulasi udara. Kalau ini dilakukan terus-menerus, panas yang dihasilkan dari lampu ini akan membuat lampu meleleh.

Tak hanya lampu, komponen lainnya seperti knalpot juga rentan mengalami kerusakan. Leher knalpot yang letaknya berdekatan dengan mesin pembakaran ini akan terpapar panas dari mesin, sehingga bagian leher knalpot akan lebih cepat menguning.

Jadi kalau Honda Lovers tetap ingin memanaskan mesin sepeda motor injeksi sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu tidak memanaskan sepeda motor terlalu lama agar semua komponen yang ada di dalamnya tidak mengalami kerusakan akibat panas berlebihan