Sepeda motor yang bertransmisi matik maupun manual memiliki dua cara untuk menghidupkan mesin, pertama menggunakan electric starter dan yang kedua menggunakan kick starter. Jika dibandingkan, lebih banyak orang yang menggunakan electric starter dibandingkan dengan menggunakan kick starter karena electric starter dianggap lebih praktis. Terlebih jika Honda Lovers menggunakan sepeda motor matik, kamu harus memposisikan sepeda motor pada standar tengah baru bisa menyalakan mesin dengan kick starter.

Sebenarnya kick starter memang sering dijadikan sebagai cadangan ketika electric starter tidakĀ  bisa digunakan. Tetapi karena jarang dipakai, kick starter terkadang mengalami kendala saat ingin digunakan, salah satunya adalah kick starter terasa berat saat diinjak. Selain karena jarang digunakan, kick starter yang terasa berat ini juga disebabkan karat yang timbul dan mengganggu poros gerak ketika kick starterĀ  jarang dilumasi pelumas. Untuk itu kamu bisa membersihkan CVT agar kotoran yang menempel dapat dihilangkan dan jangan lupa untuk mengoleskan pelumas pada alur gir agar kick starter lebih mudah digunakan.

Tekanan kompresi dan pengapian yang terlalu besar juuga dapat membuat kick starter di sepeda motor Honda Lovers terasa berat. Tetapi saat kamu mengalami kendala ini, kamu dapat mengakalinya dengan memeriksa tekanan kompresi. Kalau memang tekanannya terlalu tinggi, Honda Lovers dapat merapatkan klep agar kompresi menjadi lebih rendah.

Agar dapat meminimalisir kendala seperti ini, Honda Lovers dapat melakukan perawatan secara rutin untuk sepeda motor. Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan kick starter ini pada saat memanaskan mesin sepeda motor di pagi hari, maupun saat pertama kali kamu menyalakan mesin agar kondisi kick starter maupun electric starter dapat berfungsi dengan baik.