Kamu pernah mendengar bunyi tikus berdecit di rem saat riding dengan sepeda motor? Tenang Honda Lovers itu bukan berarti ada tikus yang terjepit di ban sepeda motormu. Bunyi tikus di rem ini bisa jadi disebabkan karena adanya kesalahan saat proses pengereman, atau perawatan pada rem yang masih kurang maksimal.

Rem ini juga perlu untuk kamu rawat, sebab seiring dengan pemakaiannya tentu kualitas rem akan semakin berkurang. Dan tanpa sadar, kebiasaan berkendara dengan cara yang salah seperti menempatkan jari-jari di tuas rem saat tidak sedang melakukan pengereman juga bisa menurunkan kualitas rem sepeda motor. Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi rem yang mengeluarkan bunyi tikus saat digunakan:

  • Kampas Kotor

Kampas yang kotor karena adanya debu serta kerikil kecil yang menempel juga akan membuat rem mengeluarkan bunyi tikus saat digunakan. Untuk mengatasinya, kamu dapat membersihkan bagian kampas rem ini dari debu dan kerikil.

  • Kampas Habis

Bunyi tikus yang keluar juga dapat disebabkan adanya gesekan besi kampas dengan piringan cakram. Kamu dapat mengganti kampas dengan yang baru agar suara tikus hilang ketika Honda Lovers melakukan pengereman.

  • Piringan Cakram Bergerigi

Kondisi piringan cakram yang bergerigi atau tidak rata akan membuat suara tikus ketika kamu menggunakan rem. Piringan cakram yang tidak rata ini disebabkan karena gesekan cukup lama antara piringan cakram dengan kampas rem yang sudah mulai habis. Kalau Honda Lovers menemukan kondisi ini, sebaiknya kamu segera mengganti piringan cakram dengan yang baru agar rem berfungsi dengan baik.

Sekarang tak perlu bingung ketika mendengar suara tikus saat mengerem, kamu dapat mencari penyebabnya dan hentikan bunyi tikus di rem segera mungkin.