Sepedaa motor yang menggunakan transmisi matik selalu dilengkapi dengan CVT, CVT sendiri merupakan komponen penggerak yang digunakan dalam sepeda motor matik. Komponen ini juga perlu dilakukan perawatan secara rutin ketika sudah digunakan lebih dari 8.000 km, tepatnya kamu harus mengecek pada saat melakukan servis berkala.

CVT selalu dilengkapi busa yang berfungsi sebagai filter untuk melindungi karet CVT dan juga roller dari debu dan kotoran. Busa pada CVT ini tentu harus kamu bersihkan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan yang fatal akibat debu dan kotoran masuk dalam mesin.

Cara membersihkan busa CVT ini juga sangat mudah dan dapat Honda Lovers lakukan sendiri, berikut ini langkah-langkah bersihkan busa CVT:

  • Pertama, Honda Lovers harus membuka cover CVT dan keluarkan busa yang ada di dalamnya.
  • Setelah itu kamu dapat membersihkan debu serta kotoran yang menempel di busa dengan menggunakan kompresor sampai terlihat bersih. Jangan pernah membersihkan busa CVT ini menggunakan sabun dan air, lalu mengeringkannya dengan cara diperas. Cara ini akan membuat busa CVT menjadi lebih cepat rusak.
  • Terakhir, kamu dapat memasangkan kembali busa CVT pada tempatnya dan tutup kembali degan cover CVT.

Semakin sering kamu menggunakan sepeda motor, maka akan semakin cepat busa CVT menjadi kotor. Kalau sekiranya busa ini sudah sulit untuk dibersihkan, Honda Lovers dapat mengganti busa CVT ini dengan yang baru untuk menjaga performa sepeda motor tetap prima