Berita Detil

Mengecat motor merupakan kegiatan yang dapat dikatakan gampang-gampang sulit untuk dilakukan, ada penggunaan cat yang hanya perlu disemprotkan pada bodi motor dan dilakukan secara manual / biasa.Mengecat motor merupakan kegiatan yang dapat dikatakan gampang-gampang sulit untuk dilakukan, ada penggunaan cat yang hanya perlu disemprotkan pada bodi motor dan dilakukan secara manual / biasa. 

Ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pengecatan diantaranya :

Amplas kayu, perlu menyiapakan amplas kayu minimal ber nomor 2000 dikarenakan nomor ini khusus diperuntukkan pada body motor. Apabila tidak ada bisa memakai ampals halus.


Dempul, sebenarnya bukan alat namun lebih tepatnya ke bahan yang dibutuhkan untuk mengecat motor. Peranan dempul akan membantu supaya hasil cat merata sempurna.

Epoxy, kegunaannya untuk menjadikan hasil cat terlihat mengkilap seperti baru. Gunakan merk yang model semprot khusus untuk motor.

Thinner, merupakan bahan campuran untuk cat motor nantinya.

Cat, gunakan cat yang sesuai dengan kebutuhan. Usahakan gunakan cat dengan merk familiar supaya hasil cat tak cepat luntur.

Clear coat, berguna untuk melindungi cat supaya lebih maximal.Kompound / Poles motor, Berguna sebagai finishing agar motor terlihat seperti benar-benar baru.

Lakban kertas, berguna untuk menutupi / melindungi part yang tidak akan dicat yang objeknya berdekatan dengan objek yang akan dicat.
Sebelum berlanjut ke cara pengecatan, berikut ada beberapa alat yang dipakai untuk mengecat motor, yakni :

 Pengecatan Menggunakan Sprygun

Alat yang satu ini merupakan alat yang sering dipakai oleh industri cat motor, biasa dijumpai di bengkel atau toko yang menjual cat ulang motor. Apabila diinginkan memakai cara ini memerlukan biaya yang besar, namun jika hanya menggunakan untuk beberapa part motor ynag nantinya dicat disarankan jangan melakukan cara ini.

 Speedcat

 Alat ini hampir mirip sprygun. Jumlah penampungan catnya lebih banyak speedcat bila dibanding sprygun , Perbandingannya 2 : 1

Penggunaan Cat Semprot / Pilox

Cara yang satu ini merupakan yang paling disarankan untuk yang akan memulai belajar. Hanya beli 1 akleng dapat melakukan pengecatan minimal 1 bagian motor contohnya spakbor dan velg. Usahakan gunakan merk yang familiar untuk hasil yang lebih bagus.

Setelah bahan siap, selanjutnya ke tahap cara pengecatan motor, yakni :
Copot part yang nantinya akan dicat, dengan mencopot bagian tersebut tentunya akan memudahkan dalam pengecatan dan pengeringan. Jangan terlalu memaksa untuk mengecat motor pada bagian part yang menempel dikarenakan akan mengenai pada bagian lainnya.

Cuci bersih part yang nantinya dicat, perlu diperhatikan mencucinya harus dengan air bersih memakai sabun jangan ada kotoran ynag tersisa karena jika ada yang tersisa mekipun debu setitik maka akan menghancurkan hasil pengecetannya.

Keringkan hasil part yang telah dicuci dan mengelapnya memakai lap yang dapat menyerap air / kanebo.

Amplas bagian yang nanti kan dicat memakai amplas yang tersedia. Kegunaan amplas ini yakni agar mengangkat cat yang telah ada dan menjadikan permukaan part menjadi sedikit kasar. Permukaan yang kasar menjadikan cat menempel secara lebih baik. Cara mengamplasnya yakni tempelkan amplas misalnya pada potongan sandal jepit / pendukung lainnya yang permukaannya datar. Tujuannya supaya bisa memudahkan untuk mengaplas bagian part tersebut. Gunakan air supaya membantu proses amplas agar tampak bagian mana yang telah terangkat catnya. Mengamplasnya dengan gerakan searah ke kiri-kanan atau ke atas-ke bawah supaya hasilnya merata.

Bersihkan keseluruhan apabila proses amplas selesai

Keringkan semua bagian memakai kanebo / menjemurnya di terik matahari.

Persiapkan epoxy yang telah tersedia, gunanya untuk menutup pori-pori yang nantinya dicat. Sebelum menuangkan ke speedcat atau sprygun ada baiknya dicampur epoxy menggunakan thiner. Tujuannyasupaya epoxy tak terlalu kuat, campur sesuai kebutuhan, usahakan jangan terlalu encer karena akan menghilangkan fungsinya. Apabila tidak memakai speedcat dapat membeli pilox pada fungsi epoxy.

Sesudah hasil amplas tersebut mengering, pakailah lakban kertas pada bagian yang tidak dikenai epoxy, apabila sudah lakukan penyemprotan ke bagian yang akan dicat. Usahakan lakukan dengan jarak 30-40 cm dari object agar memperoleh hasil yang rata dan terhindar dari cat lumer.

Biarkan mengering dengan melakukan penjemuran. Lihat hasilnya apakah sudah rata semuanya apa belum. Apabila bagian yang sudah dicat terdapat goresan dari benda, bisa gunakan dempul supaya menutupinya.Lalu keringkan hasil dempulnya tersebut. Apabila telah mengering hasil dempul dan epoxynya, lakukan pengamplasan kembali hasil dempul nya hingga permukaan merata semua. Cucilah bersih hasil dempul tersebut untuk memperoleh hasil yang maksimal. Ulangi langkah nomor 8 menggunakan member epoxy secara keseluruhan pada bagian yang nantinya dicat. Apabila sudah epoxy dan kering, selanjutnya lakukan pengecatan dengan cat dasar yang tipis.Apabila cat dasar telah dilakukan dan mengering, mulailah untuk mengecat. Campurkan cat dengan thiner, usahakan jangan terlalu encer. Namun apabila mengunakan pilox langsung semprotkan saja pada bagian yang dicat. Atur jarak antara semprotan dan objek dengan baik. Lakukan pengeringan di paparan sinar matahari, Selanjutnya tahap coating pada motor, lakukan penyemprotan cat coating yang tersedia, campur cat coating dengan thiner dan jangan terlalu encer. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Jemur di bawah matahari yang teriknya panasnya sedang. Sesudah semuanya kering akan tampak hasil semprotan tadi, selanjutnya ke tahap finishing yakni pemberian poles ynag bertujuan memberi efek kinclong pada speda motor tersebut.
Itulah penjelasan mengenai cara mengecat motor yang baik dan benar, semoga informasi ini bermanfaat agar nantinya tidak ada masalah ketika ingin mengganti warna baru pada motor Anda. Simak juga harga motor Honda Jatim terbaru untuk melihat update harga setiap harinya.

 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.