Berita Detil

Cari_Aman Berkendara Bagi Perempuan

Surabaya, Saat ini pengendara motor tidak hanya di dominasi oleh kaum pria saja, akan tetapi banyak wanita yang menggunakan kendaraan roda dua untuk beraktifitas sehari – hari, bahkan tak jarang yang melakukan perjalanan jauh menggunakan roda dua.

Menyambut Hari Ibu, pada bulan Desember ini, Instruktur Safety riding MPM Honda Jatim, hari Setiawan memberikan tips Cari_Aman Berkendara Bagi Perempuan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara wanita agar aman dan nyaman saat berkendara.

Pertama dan yang tidak boleh dilupakan adalah perlengkapan berkendara. Pastikan menyiapkan perlengkapan berkendara yang pas, nyaman dipakai dan tentunya safety. karena perlengkapan berkendara itulah yang melindungi tubuh dari potensi bahaya serta cidera fatal ketika terjatuh.

Kedua , hindari menggunakan sepatu hak tinggi. Agar nyaman saat berkendara alangkah baiknya menggunakan sepatu atau alas kaki yang senyaman mungkin, penggunaan sepatu dengan hak tinggi bisa mengakibatkan hilangnya keseimbangan tubuh saat berkendara. Sebaiknya menggunakan sepatu jenis flat shoes atau sneaker yang nyaman digunakan.

Ketiga, gunakan pakaian yang nyaman dan tertutup dengan bahan yang bisa dengan mudah menyerap keringat seperti katun. Menggunakan rok saat mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dapat mempengaruhi batas gerak kaki saat berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak. Sebaiknya gunakan celana panjang yang nyaman dan sesuai ukuran. Hindari memakai rok terlalu besar agar tidak berbahaya saat berkendara.

“ Dan untuk hijabers disarankan tetap menggunakan hijab yang polos bukan dihiasi manik manik yang menempel pada hijab karena hijabers tetep harus menggunakan helm saat berkendara sehingga lebih mudah dikenakan. “ kata Hari.

Keempat, Jangan membawa barang berlebihan dan mencolok seperti perhiasan atau barang berharga yang lain karena bisa memicu tindak kriminal. Simpan tas dan barang – barang dengan memanfaatkan gantungan atau bagasi motor yang luas seperti Honda PCX160, Honda Vario dan Honda Forza.

Kelima, apabila mengendarai motor dengan berbocengan dengan anak, posisikan anak ada di belakang pengendara, hindari membawa anak balita sendirian sebaiknya ada yang mendampingi karena balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap.

“ Pengendara wanita lebih suka mengendarai motor matic karena mudah pengoperasiannya, akan tetapi tetap harus dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan yang baik mengenai teknik berkendara karena potensi bahaya juga bisa terjadi kepada siapa saja dan dimana saja.” Tutup Hari.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.