fb track

10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Touring Motor

10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Touring Motor

Bagi para pecinta sepeda motor, touring merupakan salah satu kegiatan untuk menikmati berkendara bersama teman-teman. Kegiatan ini bisa menjelajahi wisata bahkan daerah terpencil ini bisa dilakukan selama beberapa hari.

Oleh karena itu, sebelum melakukan touring motor, ada sejumlah perlengkapan yang wajib disiapkan para bikers. Perlengkapan ini akan sangat berguna baik saat dalam perjalanan maupun ketika sedang berhenti beristirahat.

Barang yang Wajib Dibawa Sebelum Touring

Mengingat touring akan menempuh perjalanan yang jauh dan bisa hingga beberapa hari, maka penting untuk kita membawa sejumlah perlengkapan. Gunanya adalah agar ketika touring semua dapat berjalan lancar sesuai rencana. Berikut adalah barang yang wajib kamu bawa saat melakukan touring motor.

1. Senter dan Korek

Barang pertama yang wajib kamu bawa adalah senter dan korek. Barang ini penting karena kamu akan membutuhkan senter dan pemantik api jika terjebak dalam kondisi darurat, di mana kendaraan mengalami mogok atau hal-hal lain di luar kendali pada malam hari. Selain itu, korek juga dapat berfungsi untuk membuat api.

2. Kotak P3K

Kotak P3K juga sangat penting untuk dibawa saat touring. Pasalnya, kita tidak pernah tahu atau bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan segala kemungkinan, termasuk dengan membawa kotak P3K.

3. Tool Kit

Meskipun kita sudah melakukan pengecekan pada motor saat sebelum berangkat, namun tidak menutup kemungkinan motor mengalami kerusakan di tengah perjalanan. Tool kit yang berisi obeng, tang, dan alat-alat lain dapat berguna untuk mengatasi kerusakan minor yang terjadi pada motor.

4. Power Bank

Beberapa motor saat ini memang sudah dilengkapi dengan charging port. Namun, apabila motor kamu tidak memilikinya, maka kamu harus membawa power bank agar selama perjalanan dapat men-charge handphone. Power bank sangat penting untuk dibawa karena selama perjalanan touring biasanya akan sangat minim listrik. Pastikan juga kamu membawa power bank dengan kapasitas besar agar bisa digunakan berkali-kali mengisi daya ponsel.

5. Pisau Lipat

Barang selanjutnya yang harus kamu bawa saat touring adalah pisau lipat. Alat ini tidak lain berguna untuk memotong sesuatu. Selain itu, pisau lipat juga relatif praktis karena ukurannya yang kecil dan tidak berbahaya karena bisa disembunyikan sisi tajamnya. 

6. Masker

Masker juga sangat penting dibawa ketika touring motor. Masker dapat melindungi kita dari debu dan polusi ketika berkendara. Terlebih jika kita berkendara di belakang kendaraan yang mengeluarkan tebal seperti truk. Namun, perhatikan juga pemilihan masker. Usahakan memilih masker yang nyaman dan tidak membuat sesak.

7. Flat Tire Repair Kit

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui atau bahkan mendengar flat tire repair kit. Perlengkapan ini berfungsi untuk mengisi angin dan menambal ban jika bocor. Hanya saja ban yang dapat diperbaiki alat ini hanya yang berjenis tubeless.

8. Jas Hujan

Cuaca ketika touring sangat tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, sebagai salah satu langkah preventif, jas hujan adalah perlengkapan yang wajib dibawa. Pastikan juga jas hujan yang dikenakan melindungi seluruh bagian tubuh. Hal ini agar memberikan kenyamanan dan perlindungan yang maksimal saat melewati hujan dengan intensitas kecil maupun deras. Kemudian agar semakin aman, usahakan memilih jas hujan dengan warna yang terang atau yang berbahan reflektif agar dapat memantulkan cahaya.

9. Jaket Tebal yang Nyaman

Jaket tebal juga sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh kita dari terpaan angin selama berkendara. Selain itu, jaket tebal juga dapat berfungsi untuk melindungi bagian tubuh kita jika terjadi kecelakaan. Selain nyaman dikenakan, jaket tebal yang ideal digunakan saat touring harus yang tahan air dan angin. 

10. Helm Ringan yang Nyaman

Terlepas dari kebutuhan touring, helm merupakan perlengkapan yang wajib dikenakan ketika berkendara. Sebab, helm punya peranan yang penting untuk menjaga keselamatan pengendara. Oleh karena itu, helm yang digunakan harus yang sudah berstandar SNI. Selain itu pastikan juga helm yang digunakan nyaman agar tidak membuat leher pegal selama touring.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar