fb track

4 Tips Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan

4 Tips Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan

Ketika memasuki musim hujan, sebaiknya pengendara motor harus mengetahui tips memilih ban motor yang tepat. Pasalnya, kondisi jalan yang basah membutuhkan cengkraman yang lebih kuat agar motor tetap dapat seimbang dan tidak tergelincir.

Agar berkendara tetap nyaman dan aman, kamu harus harus memilih ban yang mampu berjalan di jalanan basah sama baiknya ketika melewati jalanan kering. Sekarang ini sudah banyak tersedia ban yang sanggup melewati berbagai kondisi jalan. Supaya tidak salah, kamu bisa simak tiga tips memilih ban motor saat musim hujan berikut ini:

1. Memiliki Banyak Alur

Sebenarnya, ban motor bawaan pabrik sudah cukup mumpuni melewati berbagai kondisi jalan, termasuk yang basah sekali pun. Meski begitu, tidak ada salahnya pengendara motor mempertimbangkan mengganti ban baru untuk menghadapi musim hujan. Langkah paling pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih ban motoryang memiliki banyak alur. Sebab, ban dengan alur yang banyak memudahkan alir mengalir lewat sela-sela di bawahnya.

Selain itu, ban yang memiliki banyak alur juga akan membuat cengkraman atau grip lebih kuat. Hal ini akan membuat keseimbangan motor lebih terjaga dan meminimalisir terjadinya selip.

2. Hindari Menggunakan Ban Semi-Slick

Masih berkaitan dengan tips pertama, ada baiknya kamu menghindari memilih ban yang memiliki sedikit alur. Sederhananya, ban dengan sedikit alur atau biasa disebut semi-slick tidak disarankan untuk melewati kondisi jalanan basah karena daya cengkramnya yang tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena air tidak bisa terempas dengan baik di bawah ban. Akibatnya, ban bisa mengalami selip yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sebagai informasi ban dengan minim alir sejatinya dibuat untuk memberikan daya cengkram yang baik. Namun, penggunaannya akan lebih maksimal pada jalanan kering. Sementara, pada jalanan basah, ban dengan alur yang banyak akan memberikan daya cengkram yang lebih baik. Biasanya ban semi-slick digunakan untuk keperluan balap karena memiliki profil dinding yang lebih tipis.

3. Tekanan Angin Sesuai

tips memilih ban motor yang ketiga adalah, pengendara motor harus memastikan tekanan angin sudah sesuai. Sebab, meskipun kamu telah memilih ban yang mampu melintasi berbagai kondisi jalan, jika tekanan anginnya tidak sesuai, pada akhirnya tetap akan membuat daya cengkram ban tidak maksimal.

Hindari juga tekanan ban yang terlalu rendah karena akan membuat ban lebih cepat aus alias tidak awet. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tekanan ban telah sesuai.

4. Jaga Kecepatan

Tips terakhir mungkin terlihat tidak berkaitan secara langsung dengan ban, melainkan lebih kepada cara berkendara. Namun, pemilihan ban yang tepat sekali pun tidak akan berarti jika kita tidak bijak dalam memacu kendaraan. Faktanya, bagaimana kita berkendara sangat berpengaruh terhadap daya cengkram ban. Ketika melewati jalanan basah, agar lebih aman dan terhindar dari selip, usahakan memacu kendaraan dengan kecepatan yang rendah.

Memaksakan kendaraan melewati jalan yang basah dengan kecepatan tinggi berpotensi membuat daya cengkram terhadap permukaan jalan tidak maksimal. Kemungkinan terburuknya, motor akan kehilangan kendali dan bukan tidak mungkin akan tergelincir. Selain berpotensi menimbulkan kecelakaan, risiko fatalitasnya juga lebih tinggi mengingat motor tengah melaju dalam kecepatan tinggi. 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar