fb track

5 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Besi Motor

5 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Karatan pada besi motor merupakan kondisi yang sulit dihindari, terlebih jika usia motor sudah cukup tua. Karat sendiri memang bukan masalah yang serius dan tidak menyebabkan kerusakan secara langsung pada komponen-komponen vital motor. Hanya saja, karat yang ada di bodi motor bisa sangat mengganggu penampilan motor, sehingga menimbulkan kesan motor menjadi kusam dan tidak terawat.

Tetapi jika karat dibiarkan bisa merusak besi motor. Oleh karena itu kamu harus memahami cara membersihkan karat pada motor. Sebab seperti yang diketahui, karat tidak bisa dibersihkan begitu saja dengan menggunakan air.

Cara Cepat Membersihkan Karat Pada Motor

Simak di tips dibawah ini bagaimana membersihkan karat pada motor yang efektif.

Menggunakan Campuran Pertamax dan Solar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat pada motor adalah mencampurkan BBM Pertamax Plus dengan solar dengan perbandingan 1:2. Setelahnya, kamu bisa oleskan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat dan bersihkan dengan menggunakan sikat gigi atau sikat kawat.

Menggunakan Oli Bekas

Siapa bilang oli bekas sudah tidak ada gunanya lagi? Ternyata oli bekas masih bisa digunakan untuk membersihkan karat pada besi motor, khususnya pada bagian knalpot. Caranya pun sangat mudah dan praktis, kamu cukup mengoleskan oli bekas secara merata pada bagian motor yang berkarat.

Baca Juga: Ini Keunggulan AHM Oil SPX 2 Dibanding Oli Merek Lain

Setelah itu nyalakan mesin motor dan biarkan panas hingga 1 atau 2 menit. Tujuannya adalah menggunakan panas dari mesin motor untuk meluruhkan karat. Selain itu, oli bekas juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan karat yang terdapat pada bagian dalam lubang knalpot. Kamu tidak perlu panik saat motor dinyalakan keluar asap yang keluar dari mulut knalpot.

Menggunakan Pembersih Keramik

Pembersih keramik juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian motor yang berkarat. Caranya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih keramik pada bagian motor yang berkarat secara merata. Kemudian diamkan beberapa saat dan gosok karat dengan menggunakan sikat hingga benar-benar menghilang. Tapi perlu diingat bahwa pembersih memiliki kandungan yang kurang baik untuk area mesin. Jadi gunakan secara hati-hati dan jangan sampai mengenai bagian mesin.

Menghilangkan Stempet atau Gemuk

Cara berikutnya untuk menghilangkan karat pada motor adalah menggunakan stempet atau gemuk. Stempet merupakan oli atau minyak yang sejatinya berfungsi melumasi bagian tertentu kendaraan. Stempet atau gemuk terbentuk atas tiga komponen yakni oli, pengental, dan aditif. 

Dengan sifatnya yang lengket, gemuk bisa bertahan lama pada bagian yang dilumasi. Pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk juga sering digunakan untuk mencegah terjadinya karat. Selain itu, bagian motor yang catnya sudah rusak juga bisa diaplikasikan dengan gemuk.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara terakhir adalah dengan menggunakan bahan yang mudah didapat, yakni pasta gigi. Banyak  yang tidak menyadari bahwa pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada motor. Caranya relatif sama dengan menggunakan bahan-bahan yang lain, dengan mengoleskannya di bagian yang berkarat dan tunggu beberapa menit.

Setelahnya gosok dengan menggunakan sikat. Meski begitu, membersihkan karat dengan pasta gigi memang tidak instan, kamu harus melakukannya berulang kali agar karat benar-benar hilang.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar