fb track

7 Langkah Mencuci Motor yang Benar, Bisa Dilakukan di Rumah

7 Langkah Mencuci Motor yang Benar, Bisa Dilakukan di Rumah

Selain bagian mesin, bodi sepeda motor terlebih cat juga harus selalu mendapat perhatian dan perawatan. Hal ini penting karena menyangkut tampilan sepeda motor. Jika bodi sepeda motor dalam kondisi yang bersih dan rapi tentu bukan hanya menjadi kepuasan bagi pemilik motor tapi juga akan sedap dipandang orang lain.

Selain itu itu, mencuci motor secara rutin juga dapat berguna untuk menjaga komponen-komponen tetap sehat dan prima. Pasalnya berbeda dengan mobil yang bagian-bagian pentingnya tersimpan di dalam kap mesin, pada motor bagian pentingnya dapat terlihat dengan mudah dan rentan kotor.

Memang saat ini pun ada banyak jasa cuci sepeda motor dengan harga dan pelayanan yang bervariasi. Namun tidak ada salahnya kamu melakukan cuci motor sendiri, mengingat langkah-langkahnya pun tidak terlalu sulit. 

Ada tujuh langkah yang harus diperhatikan untuk mencuci motor dengan benar, berikut penjelasannya:

1. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

Hindari mencuci motor dalam kondisi masih panas. Menyemprotkan air ke bagian mesin yang panas menyebabkan perubahan suhu mendadak. Jika dilakukan, hal ini berisiko merusak mesin.

2. Bersihkan dari Rantai dan Roda

Bagian paling pertama yang harus kamu bersihkan saat mencuci motor adalah rantai dan roda. Tujuannya adalah untuk mencegah kotoran pada dua bagian tersebut menyebar ke bagian lain saat kamu mencucinya. 

3. Bersihkan hingga ke Celah Mesin

Sebelum masuk ke bagian bodi motor, pastikan kamu telah mencuci sudut dan celah di sekitar mesin. Agar lebih maksimal kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas dan sabun atau cairan pembersih. Namun perlu diingat untuk menjauhkan air dari rem dan bantalannya karena bisa menyebabkan korosi.

4. Basuh Seluruh Bodi Motor

Selanjutnya basuh seluruh bodi motor dengan air. Langkah ini berguna untuk mempermudah proses pembersihan kotoran. Pastikan membasuh bodi motor dengan menggunakan air dengan tekanan rendah. Sebab, air bertekanan tinggi bisa merusak lapisan cat bahkan bodi motor.

5. Bersihkan Menggunakan Spons

Setelah seluruh bodi mobil sudah basah, kamu bisa mulai membersihkan motor dengan spons. Celupkan spons ke dalam air yang sudah dicampurkan shampoo motor. Kemudian bersihkan dengan menggosok seluruh bagian motor dengan menggunakan spons.

6. Bilas Kembali

Jika sudah selesai membersihkan seluruh bagian motor, langkah selanjutnya adalah kembali membilasnya dengan air. Pastikan juga kamu menyemprot bagian-bagian yang sulit dijangkau untuk memastikannya sudah benar-benar bersih dari sabun. 

7. Keringkan

Setelah motor sudah bersih dan kinclong, tahapan terakhir adalah mengeringkannya. Kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk mengelap motor. Pastikan seluruh bagian motor sudah benar-benar kering dan tidak ada air yang tertinggal. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah hindari mengeringkan motor dengan paparan sinar matahari langsung.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar