fb track

Begini Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Motor Matic

Begini Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Motor Matic

Banyak pengguna motor matic di Tanah Air, khususnya kota Jakarta, ingin meningkatkan tenaga mesin motor karena dirasa kurang besar. Dalam meningkatkan tenaga mesin ada beberapa hal yang harus diperhatikan, tidak melulu soal suara knalpot yang keras atau besaran diameter piston yang digunakan.

Mencari bengkel sekaligus mekanik yang cocok sama halnya seperti mencari jodoh, gampang-gampang susah, ada mekanik handal tapi tidak didukung dengan alat atau spare part yang lengkap di bengkelnya, begitupun sebaliknya ada bengkel bagus dengan peralatan lengkap dan paling canggih tapi mekaniknya sulit untuk diajak komunikasi.

Nah kebetulan salah satu tim redaksi kami pernah berbincang dengan mekanik di bengkel Tiga Saudara Motor (TSM) daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Seperti halnya bengkel umum biasa dipinggir jalan yang melayani service berbagai motor, bengkel TSM ternyata juga melayani para konsumen yang ingin meningkatkan tenaga mesin atau bisa dibilang modifikasi mesin biar tarikan makin yahud. Eits tapi tunggu dulu, disini bukan sembarang modifikasi mesin, karena menurut Tile, mekanik dari TSM, untuk meningkatkan tenaga tidak bisa dilakukan sembarangan, harus ada perhitungannya, jadi nggak asal ganti ya Ultimate People.

Tile sendiri sudah memodifikasi banyak motor dari tahun 2005, motor yang dipegang pun bervariasi. Maka tidak heran banyak konsumen terutama anak milenial yang menyambangi bengkel TSM untuk menaikkan performa mesinnya.

Kita akan coba urutkan modifikasi mesin dari budget pas-pasan sampai yang paling extreme yaitu mengganti satu set blok mesin beserta piston dan kawan-kawannya.

Kirian

Modifikasi kirian paling banyak digunakan oleh para pengguna motor matic dalam melakukan ubahan mesin untuk mencapai performa yang diinginkan, selain dari ubahan yang gampang dilakukan, modifikasi kirian juga dapat diterapkan untuk semua motor matic dan yang tidak kalah pentingnya modifikasi ini juga cocok untuk Anda yang punya budget pas-pasan.

Yang dimaksud dalam kirian adalah bagian motor sebelah kiri, yang terdiri dari CVT, roller, rumah dan kipas pulley, kampas ganda, mangkok kampas ganda, belt, per cvt dan per sentrifugal. Modifikasi ini dilakukan untuk mereka yang tidak ingin mengotak-atik bagian blok mesin tapi ingin tetap ada tarikan.

Kelebihan dari modifikasi kirian ini adalah kamu tidak perlu mengganti semua parts yang ada dalam CVT secara bersamaan, kamu bisa cicil dulu dari rollernya, rumah pulley atau per CVT, tinggal sesuaikan saja dengan budget yang ada.

Rumah dan Kipas Pulley

Dalam meningkatkan tarikan motor, mengubah kemiringan kipas pulley adalah salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu mengubahnya pada kemiringan 13,5 derajat atau 14 derajat. Jika ingin mengejar akselerasi gunakan derajat kecil namun jika ingin mengejar top speed maka gunakan derajat besar. Jangan asal ubah pada bagian ini karena akan ada dampaknya ke belt CVT. Jika terlalu miring, maka belt CVT akan cepat habis.

Roller

Dalam memodifikasi CVT, hal yang perlu diperhatikan lainnya menurut Tile adalah roller diganti dengan yang lebih ringan, perlu diketahui roller standar Nmax ada di 13 gram, jika ingin diganti ke yang lebih ringan bisa menggunakan 8 gram atau yang 10 gram. Tidak perlu semua roller diganti karena untuk menghindari selip, jadi cukup ganti  tiga buah roller saja ke ukuran yang lebih ringan agar tarikan bawah dan atas tetap ada.

Untuk harga roller bervariasi mulai dari 30 ribuan sampai 80 ribuan, semua tergantung dari merek aftermarket yang kalian gunakan nantinya.

Per CVT

Untuk bagian per CVT bisa menggunakan per dari PCX lokal atau PCX yang masih buatan Thailand, bisa menggunakan yang 1000RPM, 1200RPM atau 1500RPM, banyak orang yang menggunakan per PCX karena paling Panjang dan rigid untuk dikelas motor matic, sekedar info saja, per CVT Nmax adalah yang paling pendek dikelasnya. Untuk harga per CVT sendiri mulai dari 70 ribuan untuk yang PCX lokal dan 100 ribuan untuk PCX yang buatan Thailand.

Mangkok Kampas Ganda

Mangkok kampas ganda mempunyai fungsi untuk menghilangkan bunyi gredek pada tarikan bawah, tapi tidak hanya untuk itu saja, mangkok kampas ganda juga memiliki peran untuk memutar belt CVT agar lebih maksimal lagi, ini dikarenakan mangkok kampas ganda aftermarket mempunyai lebih banyak lubang dibanding bawaan pabrik. Untuk mangkok kampas ganda aftermarket sendiri dibanderol dari harga 200 ribuan sampai 300 ribuan.

Knalpot

Bagian yang tidak kalah pentingnnya namun justru banyak orang salah kaprah pada bagian ini, karena kebanyakan dari mereka hanya melihat suara knalpotnya ketimbang kualitas ataupun besaran lubang knalpot. Menurut Tile dalam mengganti knalpot itu tidak boleh asal, harus dihitung lubang injeksi dan lubang knalpotnya agar tidak menjadi boros, karena jika lubang knalpot lebih besar dari pada pemasukkan bensin nanti hawa panas yang keluar lewat exhaust akan “menahan” tenaga karena “nafas” yang sudah habis pada leher knalpot.

Bore Up

Bore up alias korek mesin, untuk modifikasi bagian ini disarankan untuk konsultasi dahulu kepada mekanik yang akan menanganinya, karena banyak hal yang akan diubah pada bagian ini dan dampaknya akan sangat terasa pada kinerja mesin. Jika tepat perhitungan dan eksekusinya maka akan menghasilkan tenaga yang besar, tapi jika salah perhitungan maka akan membuat jebol mesin dan kantong anda.

Untuk bagian mesin biasanya ada beberapa parts yang diganti secara satu set yang terdiri dari blok casting, piston atau seher, ECU aftermarket, injector dan master cam. Penggantian satu set ini dimaksudkan untuk part yang satu dengan yang lain dapat bekerja secara optimal, jika yang diganti hanya sebagian part saja takutnya tidak akan maksimal karena beda hitungan dari bawaan pabrik dan aftermarket.

Banyak bengkel yang menawarkan paket untuk bore up, harganya pun bervariasi dari mulai 900 ribuan sampai 3 jutaan, ubahan pada bagian mesin ini biasanya hanya digunakan untuk mereka yang mengikuti kontes road race ataupun drag, jarang yang bore up mesin digunakan untuk harian, selain sayang mesin karena akan ada perawatan khusus, yang kedua pun konsumsi bahan bakar yang bakalan melonjak signifikan karena kubikasi alias cc mesin yang naik drastis.

Gimana? Tertarik untuk meningkatkan tenaga mesin motor kalian? Silahkan kunjungi bengkel Tiga Saudara Motor ya, yang beralamatkan di Jl. Jend R.S. Soekanto No.9 RT 09 RW 08, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Atau kalian bisa kontak langsung dengan mekaniknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan Tile di 0812 1089 0575.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar