fb track

Guru SMK Binaan MPM Honda Jatim Raih Peringkat 2 Pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020

Guru SMK Binaan MPM Honda Jatim Raih Peringkat 2 Pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020

SIDOARJO - Perwakilan peserta guru dari sekolah SMK Jurusan TBSM Astra Honda binaan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 berhasil mendapatkan peringkat ke 2 Nasional yang diadakan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM).

Beliau adalah Bapak Enggar Bayu Saputra yang merupakan Guru SMKN 1 Badegan Ponorogo. Pak Enggar membuat media pembelajaran yang memamfaatkan teknology saat ini dengan menggabungkan smart TV. Dengan media pembelajaran ini siswa yang mengikuti pelajaran secara daring dapat melihat dengan jelas materi yang diajarkan dan juga hemat di kuota internet.

"Melalui kegiatan ini, saya merasa tertantang dengan hanya waktu yang singkat dan padat bisa membuat metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk guru - guru SMK khususnya di Jawa Timur untuk tetap semangat bersama - sama kita bisa dan bersinergi untuk kemajuan siswa siswi generasi penerus bangsa." kata Enggar.

Dengan karyanya tersebut pak Enggar bersaing dengan 15 guru di kontes regional dan 27 guru SMK jurusan TBSM Astra Honda se Indonesia dalam kontes Keativitas Pembelajaran Guru Online 2020.

HR & GA Divison Head MPM Honda Jatim, Hatmarto mengatakan bahwa saat pandemi seperti ini metode paling efektif untuk mengajar adalah dengan sistem daring. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif membuat metode pembelajaran agar dapat mudah diterima oleh siswanya.

"Saya ucapkan selamat kepada pak Enggar atas prestasinya. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru SMK yang lain untuk ide kreatif membuat metode pembelajaran." tambah Hatmarto.

Saat ini, MPM Honda sendiri sudah mempunyai 91 SMK binaan dengan Jurusan TBSM Astra Honda, Selama pandemi ini MPM Honda Jatim tetap memberikan pelatihan teknologi terbaru dari Honda, kepada guru - guru SMK TBSM melalui daring.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 ini bermuara untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring.

Para guru peserta kontes wajib membuat sendiri bahan ajar dan membawakan dua materi ajar dengan waktu 2 X 30 menit yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Guru peserta akan dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar