fb track

Musim Hujan Sudah Tiba, Yuk Rutin Cek 5 Komponen Sepeda Motor Mu

Musim Hujan Sudah Tiba, Yuk Rutin Cek 5 Komponen Sepeda Motor Mu

Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus memberi perhatian ekstra dalam melakukan perawatan sepeda motornya. Karena kandungan zat asam pada air hujan yang menempel pada komponen motor bisa menyebabkan kerusakan.

Langkah tersebut akan membuat performa seluruh komponen sepeda motor akan tetap optimal sehingga berkendara jadi tetap aman dan nyaman meski harus melewati lebatnya guyuran air hujan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan :

  1. Mencuci Sepeda Motor

Cucilah sepeda motor setelah digunakan di bawah guyuran hujan atau terkena hujan saat motor berada di parkiran. Hal ini untuk menghindari proses korosi akibat zat asam yang terkandung di dalam air hujan.

Perlu diperhatikan, usahakan tidak menggunakan semprotan air bertekanan tinggi saat mencuci sepeda motor untuk menghindari kisi-kisi pendingin radiator rusak.

  1. Periksa Tekanan Angin Ban

Dalam kondisi normal, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang.

Maksimal pengurangan tekanan angin ban hanya sekitar 2 psi pada tiap ban. Hal ini bertujuan untuk membuat area tapakan ban ke permukaan jalan jadi lebih lebar, sehingga daya cengkramnya jadi lebih baik pada permukaan jalan yang basah. Ingat, kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin.

3.?Periksa Komponen Pengereman

Sebenarnya, pemeriksaan komponen pengereman wajib dilakukan secara rutin tanpa harus menunggu datangnya musim hujan. Karena peranti ini adalah salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Bedanya, interval pemeriksaannya jadi lebih cepat untuk Untuk menjaga kinerja pengereman tetap optimal, kotoran yang menempel perlu dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem.

Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kanvas rem. Karena bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes akan mudah mengembang saat basah dan mengeras saat kering.

4.?Periksa Kondisi Rantai

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya.

Perlu diingat, ukuran standar ketegangan rantai sepeda motor adalah 2 cm.

5.?Periksa Busi dan Tutup (Kop) Busi Motor

Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan kop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke lubang busi.

Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut.

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa yah bawa motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik berpengalaman. Manfaatkanlah layanan booking servis atau layanan kunjung untuk layanan tanpa perlu antri.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar