fb track

Periksa 5 Komponen Ini di Motormu Sebelum Menerjang Hujan!

Periksa 5 Komponen Ini di Motormu Sebelum Menerjang Hujan!

Memasuki musim hujan, gak cuma jas hujan aja nih yang harus kamu persiapkan. Tapi, beberapa komponen motor juga harus kamu cek keadaannya, terlebih lagi buat kamu yang sering berkendara ditengah hujan. Yuk, kita cek komponen apa aja sih yang harus kamu periksa sebelum memulai perjalanan!

1. Ban motor

Musim hujan tentunya membuat jalanan menjadi lebih licin. Untuk itu, periksa kondisi ban motormu dan pastikan tidak dalam keadaan aus ya. Hal ini bisa di deteksi dengan melihat pola yang terdapat pada banmu. Apabila pola sudah mulai memudar berarti keadaan ban motormu sudah harus diganti. Karena ban motor yang sudah aus atau gundul dapat membuat ban lebih licin ketika menyentuh aspal.

2. Lampu

Gambar Honda Vario 160 2023 - Lihat desain | OTO

Lampu merupakan komponen penerangan yang sangat penting terlebih lagi saat terjadi Hujan. Hujan yang lebat dapat memudarkan tingkat pandangan pengemudi terhadap objek didepannya. Oleh Karena itu, periksa seluruh lampu yang ada di motormu dan pastikan semuanya menyala agar penglihatanmu dan pengemudi lainnya terlihat jelas guna meningkatkan keamanan serta keselamatan selama di perjalanan.

3. Busi

Kenapa Harus Rutin Cek Busi Motor?

Busi dan kop busi merupakan komponen vital dalam mesin motor. Lakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala karena busi sendiri memiliki masa pakai. Selain itu, kop busi yang sudah tidak bagus juga rentan terkena cipratan air saat hujan terlebih lagi saat melewati genangan air. Biar motor kamu gak mogok ditengah perjalanan saat musim hujan, pastikan busi dan kop busi dalam keadaan yang baik ya!

4. Sistem Pengereman

Jangan Asal Ganti Cakram Depan Honda Vario 160, Ini Sebabnya | kumparan.com

Sistem pengereman motor juga gak boleh dilewatkan saat melakukan pengecekan. Saat musim hujan, jalanan rentan menjadi licin dan dapat membahayakan kamu ataupun pengemudi lainnya. Jadi, pastikan kampas rem motormu tidak habis ya, karena hal ini dapat membuat rem motormu jadi gak pakem.

5. Knalpot

Modif Knalpot Vario Lama Pakai Knalpot Vario Baru - Goozir.com

Komponen terakhir yang harus kamu periksa kondisinya adalah knalpot. Hujan yang lebat dapat menciptakan genangan air dan rentan masuk ke dalam knalpot. Apabila  air yang masuk ke dalam knalpot jumlahnya cukup banyak  dapat berpotensi tercampur dengan oli motor. Hal ini dapat menghambat dan merusak mesin motor kamu.

Nah, beberapa komponen tersebut gak boleh kamu lewatkan ya saat melakukan pengecekan dan perawatan motor terlebih lagi ketika mulai memasuki musim hujan. Selalu pastikan kondisi motormu dalam keadaan baik agar aman selama di perjalanan.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar